EDfow.com – Komunitas Pecandu Aksara (PA) kembali menggelar mini workshop dengan judul “Belajar Menulis Opini/Essai”. Digelar pada Rabu (9/8/2017) malam, yang bertempat di Cafetaria 99, Jalan Todopuli III No. 261A, Kompleks Pasar Segar, Makassar.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 20-an orang peserta dari berbagai kalangan. Acaranya berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Hal menarik dan seru dipandu oleh Adji Sukman—ketua umum KOMA UIT.

Menghadirkan Wongso Adi Saputra, S.Pd, M.Pd sebagai pemateri yang juga adalah salah seorang dosen study Bahasa Inggris di Unismuh, CEO English Hang-Out, dan kolumnis opini harian Fajar.

Pemateri mengatakan bahwa, dalam menulis opini, penentuan judul itu penting. Dan judul itu, sangat berpengaruh diterimanya tulisan kita di media cetak atau tidak.

Olehnya itu, dengan adanya kegiatan ini dapat membantu para peserta dalam menulis opini atau essai yang baik dan benar.

“Ada 5 indikator dalam penulisan opini, yaitu meramu tema, brainstorming, observasi, penulisan opini (pembuka, isi, penutup), dan editing,” ungkap wongso.

Pemateri juga mengutip kata dari Dante alghieri dalam “The Lost Symbol”. Dalam tulisan tersebut dikatakan, Neraka terdalam itu disisakan untuk orang-orang yang tidak berbuat di masa-masa krisis.

Dalam beberapa kesempatan, diselingi dengan humor pemateri yang mebuat para peserta lebih partisipatif dan menikmati acara. Kemudian berlangsung secara santai selama sekitar satu jam.

Salah satu peserta yang ditemui saat kegiatan usai menuturkan, bahwa materi untuk kegiatan kali ini sangat membantunya dalam menulis opini ke depannya.

“Saya senang dengan kegiatan seperti ini, sebab melalui materi tadi, saya baru tahu beberapa tips tentang menulis opini,” pungkasnya.

 

Arif*

Bagikan:

Komentar Anda