EDfow.com – Banyak rumor yang beredar, wanita hamil tidak diperbolehkan makan buah Nanas. Karena katanya hal tersebut dapat membuat bayi lahir prematur. Namun, apakah hal itu dibenarkan secara medis ataukah hanya mitos belaka?

Hal tersebut ternyata tidaklah benar dan dibantah oleh Suchi Afnalurini Shariff S.Si.T, SKM. M.Keb, Sekretaris Prodi Kebidanan FKM UMI. Menurutnya, larangan tersebut seharusnya diperjelas, buah Nanas ternyata mengandung cukup banyak Vitaman C.

“Nanas mengandung banyak Vitamin C, sehingga kita tidak boleh serta merta melarang ibu hamil untuk tidak memakan nanas,” jelasnya.

Sebenarnya, buah Nanas aman bagi ibu hamil, dengan catatan selama dimakan dalam kondisi yang sudah matang dan tidak dalam jumlah berlebihan.

“Dalam 1 pekan bisa makan 2-3 kali, jika perlu setengah buah saja. Hal paling penting buah Nanasnya yang masak, bukan Nanas muda,” lanjutnya.

Nanas muda, kata Suchi, mengandung zat Bromelain yang dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim. Sehingga jika dimakan, hal ini dapat menyebabkan persalinan prematur.

Begitu pun dengan buah Durian, Nangka dan Campedak. Durian mengandung asam archidonat dan alkohol yang dapat marangsang kontraksi rahim, sehingga bayi lahir prematur. Sedangkan buah Durian memiliki sifat panas yang dapat menyebabkan perut mudah kembung.

“Begitu pun dengan buah Nangka dan Cempedak, efeknya hampir sama dengan buah durian. Perlu diingat, semua buah tersebut bisa dikonsumsi asalkan tidak berlebihan,” ujarnya.

Bagikan:

Komentar Anda