EDfow.com – Sebanyak 236 Siswa/Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 sungguminasa, Kabupaten Gowa menerima Kartu Indonesi Pintar, yang di bagikan oleh pihak sekolah, Selasa (15/08/2017).

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sungguminasa, Fajar Ma’ruf Spd.i menjelaskan, Pembagian Kartu Indonesia Pintar ini merupakan Program Indonesia Pintar (PIP) yang telah ada sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo dan wakilnya Jusuf Kalla.

Pelaksanaan Program Indonesia Pintar ini berdasarkan surat dari Direktorat sekolah Menengah Pertama berdasarkan nomor:

-163/D3/KP/2017 tahap I

-694/D3/KP/2017 tahap Ke II

-695/D3/KP/2017 tahap ke III

-696/D3/KP/2017 tahap ke IV

-1251/D3/KP/2017 tahap ke V

-1519/KP/D3/2017 tahap ke VI

-1665/D3/KP/2017 tahap ke VII.

“Terlampir  sebanyak 236 siswa ditahap pertama sebagai penerima Program Indonesia Pintar (PIP) tahun anggaran 2017 hingga tahap ke VII yang sedang berlangsung di SMP Negeri 3 Sunggiminasa. Semua siswa ditahap pertama ini berjumlah 236 siswa dari kelas 8 dan 9 yang memang sudah terdaftar di Data Pokok Siswa (Dapodik).” Terang Fajar Ma’ruf.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sungguminasa  lanjut menjelaskan “Adapun Persyaratannya siswa membawa Kartu Keluarga, KTP orang tua dan Kartu Indonesia Pintar atau yang di sebut KIP,” ungkap Fajar Ma’ruf yang pernah menjabat Wakasek SMP Negeri 1 sungguminasa.

Dalam PIP ini Siswa/siswi didik SMP Negeri 3 Sunggiminasa ini akan mendapat dana yang besarnya 350 ribu rupiah persemester, sementara untuk pencairanya para siswa/siswi yang di wakili orang tua wali dapat melakukannya di Bank BRI Sungguminasa.

Sementara itu salah satu orang tua siswa penerima PIP yang datang menemani anaknya mengambil surat keterangan terdaftar ini begitu senang dan bersyukur di karenakan apa yang dijanjikan oleh negara untuk rakyatnya telah sampai padanya. “Kami sangat berterima kasih kepada Sekolah ini yang membagikan surat keterangan dan daftarnya dengan santun meskipun di kerumuni banyak orang ,” jelas ibu Minarti Dg.Tomi yang anaknya duduk di kelas 8E.

Diketahui  Program Indonesia Pintar adalah salah satu program nasional (tercantum dalam RPJMN 2015-2019) yang bertujuan untuk, meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah, meningkatkan angka keberlanjutan pendidikan yang ditandai dengan menurunnya angka putus sekolah dan angka melanjutkan, menurunnya kesenjangan partisipasi pendidikan antar kelompok masyarakat, terutama antara penduduk kaya dan penduduk miskin, antara penduduk laki-laki dan penduduk perempuan, antara wilayah perkotaan dan perdesaan, dan antar daerah, serta meningkatkan kesiapan siswa pendidikan menengah untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Program Indonesia Pintar melalui KIP adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang menerima KIP, atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan, misalnya dari keluarga/rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera/KKS atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan bagian penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sejak akhir 2014.

 

 

*LUK-IBT

Bagikan:

Komentar Anda