EDfow.com – Siapa sangka daun tanaman Bayam, selain untuk dikonsumsi dalam bentuk sayur ternyata juga bisa dikelolah dalam bentuk yang lain. Adalah warga Kelurahan Baji Mapakasunggu yang mengembangkan usaha keripik berbahan dasar daun tanaman itu.

Masyarakat Rukun Warga (RW) 03 Kelurahan itu membentuk kelompok kerja bersama, kembangkan usaha itu. Mereka terlebih dahulu menyiapkan lahan memanfaatkan tempat kosong untuk dijadikan kebun menumbuhkembangkan tanaman tersebut.

“Jadi warga yang tanam sendiri. Caranya mereka olesi daun bayam itu dengan tepung dengan beberapa bahan lain, lalu mereka goreng dan kemas dalam plastik,” kata Isnaniyah Suardi, Lurah yang membawahi tempat itu.

Perempuan lulusan Insitut Pemerintahahan Dalam Negeri (IPDN) mengatakan, usaha yang dikembangkan oleh warga itu baru dimulai pada akhir bulan Mei tahun ini, namun telah menunjukkan progres yang baik, walau memang hasilnya masih untuk dikonsumsi oleh warga sendiri.

“Ya harapannya kedepan bisa dijual keluar. Tapi yang penting kami sudah meningkatkan partisipasi warga untuk mengembangkan potensi daerahnya masing-masing,” kata Lurah yang menjabat sejak Tahun 2014.

Penyadang gelar magister Administrasi Sumber Daya Manusia (SDM) dari STIA LAN Makassar itu menuturkan, kedepan pihaknya mencoba mengembangkan usaha warga itu, sehingga dapat menambah penghasilan ekonomi masyarakatnya.

Perempuan berjilbab itu berencana akan mencari lahan lebih luas untuk dijadikan kebun, menanam jenis Bayam yang daunnya lebih lebar dari umumnya, karena saat ini, warga masih mengunakan lahan kosong dari pekarangan rumahnya.

“Mereka itu sistemnya begini, mereka pada umunnya memanfaatkan lingkungan rumah warga, nanti mereka ketemu pada saat ada kegiatan bualanan baru ngumpul, mereak sharing-sahring bertukar pikiran,” tuturnya.

Selain itu, di Lorong binaan Kelurahan itu, warga juga mengembangkan usaha lainnya seperti, usaha Kacang Langkose. “Mereka satu badan tapi banyak jenis usahanya,” tambah dia.

*RSM

The post Warga Baji Mappakasunggu Kecamatan Mamajang Kelolah Bayam Jadi Kerupuk appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda