EDfow.com – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi amankan sekitar 5,5 juta batang rokok ilegal. Barang tersebut diamankan dari satu unit truk kontainer yang tengah berada di jalan daerah Bontosungguh, Kecamatan Bantimurung, Maros, Rabu (16/8/2017).

Kepala Bidang (Kabid) Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Sulawesi, Agus Amijaya mengatakan penangkapan barang ilegal tersebut berdasarkan informasi yang diterima pada hari Selasa. Informasi itu kata dia, bahwa sebuah mobil pick up dicurigai memuat rokok ilegal.

“Segera mengirim tim untuk melakukan pengejaran di Kabupaten Maros. Pada saat mendapati mobil yang dimaksud, tim menghampiri dan menanyakan muatan kedua truk itu dan setelah dibuka ternyata kami dapati sejumlah rokok ilegal tersebut,” kata Agus Amijaya saat press rilis di Kantor Kanwil DJBC Sulawesi, Jalan Satando, Makassar, Kamis (17/8/2017).

Ia mengatakan, rokok yang ditemukan telah melanggar pasal 54 UU Nomor 11 Tahun 1995 sebagaimana yang telah dirubah dengan UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai.

“Rokok bermerek SIP tidak dilekati dengan pita cukai, merek Surya Indah dan yang masih berbentuk batangan diletaki dengan pita cukai palsu,” ungkapnya.

Selain mengamankan sekitar 5,5 juta batang rokok ilegal, ikut juga diamankan dua orang supir berinisial SF dan SR. “Mereka mengakui barang tersebut akan dibawa ke daerah Soppeng, kami juga akan dalami keterangan, terkait dari mana asal barang tersebut,” tutupnya.

 

RSM*

Bagikan:

Komentar Anda