EDfow.com – Sungguh luar biasa sambutan warga terhadap ibu ketua TP PKK Kecamatan  Rappocini, hampir 1000an warga menyambut kedatangannya layaknya sosok yang diidolakan, di tunggu-tunggu dan dirindukan oleh warga, di Lorong 1 RW 3 Bonto Lanra Kelurahan Banta-Bantaeng, Minggu (20/8/2017).

Melihat sambutan warga yang begitu meriah, Ibu Ketua TP PKK Kecamatan Rappocini Kartini Hamri sampai tidak tahan meneteskan air mata karena tidak menyangka disambut oleh ratusan warga dan dieluk-elukkan dengan berbagai sebutan. Bahkan diantara banyaknya warga tersebut, terdengar ada yang berucap  “Oppoki DP, Oppoki ibu Camat, ibu Camat kesayangan dan andalan”.

Bagaimana tidak istri dari Camat Hamri Haiya ini meneteskan air mata, di Lorong ini ia sampai disambut dengan “Angngaru” dan tarian Pa’duppa. Angngaru merupakan tradisi sakral bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Sakral karena menjadi bagian dari acara adat dan terkait ritual. Dalam Angngaru, si “pangngaru” pada prosesi tertentu menampilkan diri secara heroik mengikuti ketepatan ketukan gendang sambil badik (senjata pusaka) di tusuk tusukkan ke badan.

Angngaru merupakan ikrar atau ungkapan sumpah setia yang sering disampaikan oleh orang-orang di masa silam, Anggaru dewasa ini biasanya di ikrarkan pada orang yang menjadi tokoh panutan dan diakui kepemimpinannya.

Sangking banyaknya orang di Lorong ini dan meriahnya penyambutan,  sampai membuat Tim PKK Kecamatan tidak sempat menilai lebih lama Lorong binaan PKK ini. “Saking terharu dan tidak menyangka dengan sambutan warga,” Ungkap Ketua TP PKK Kecamatan Rappocini Kartini Hamri.

Setelah dari Kelurahan Banta-Bantaeng, rombongan TP PKK Kecamatan kemudian menuju ke Kelurahan Ballaparang dan berakhir di Kelurahan Rappocini hingga selesai pada saat menjelang masuk waktu shalat maghrib.

*LUK

The post Disambut “Angngaru”, Hingga Ketua TP PKK Rappocini Meneteskan Air Mata appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda