EDfow.com – Sebagai Cabang BPJS yang bekerjasama dengan 326 Faslitias Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 43 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). BPJS Kesehatan Cabang Makassar mengeluarkan anggaran sebesar 130 M perbulannya untuk pembayaran Fasilitas Kesehatan (Faskes).

“Rata-rata sebulan 130M, jadi 20persennya itu ke faskes tingkat pertama itu sekitar 20-30M. SIsanya ke faskes tingkat akhir 110,,”ungkap Unting Patri Wicaksono Pribadi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Jalan A.P. Pettarani, Selasa (22/8/2017).

Lanjutnya, faskes ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat disekitaran kota makassar saja. Namun, juga rujukan dari daerah lain, seperti Indonesia Tengah dan Indonesia Timur.

Sehingga, diberlakukannya subsidi silang antara daerah yang memiliki banyak premi namun Faskesnya tidak lengkap kepada daerah yang memiliki Faskes lengkap namun premi yang sedikit.

“Makanya disitu ada subsidi silang, daerah yang preminya banyak tapi tidak memiliki fasilitas kesehatan membayar kepada daerah yang fasilitas kesehatannya lengkap,” pungkasnya.

Premi yang dibayarkan disetiap kabupaten/kota akan dikumpulkan kepusat. Kemudian, pusat akan membagikan anggaran sesuai kebutuhan kabupaten/kota masing-masing.

Dari data yang diberikan BPJS Kesehatan Kota Makassar telah bermitra dengan 326 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 123 puskesmas 60 dokter praktik perorangan, 31 dokter praktik gigi perorangan, dan 112 klinik pratama yang terbagi atas 75 klinik pratama swasta, 12 klinik POLRI, 25 klinik TNI.

Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Makassar juga telah bekerjasama dengan 43 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 37 rumah sakit (termasuk di dalamnya 6 klinik utama), 31 apotek, serta 12 optik.

 

AIN*

Bagikan:

Komentar Anda