EDfow.com – Seiring berjalannya program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sebanyak 2.450.618 jiwa masyarakat telah merasakan pelayanan JKN-KIS di wilayah Kantor BPJS Kesehatan Kantor Cabanag Makassar yang meliputi Kabupaten Maros, Pangkep, Gowa dan Makassar. Ini sesuai data yang diberikan oleh pihak BPJS Kesehatan Cabang makassar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Unting Patri Wicaksono Pribadi menuturkan bahwa jumlah kepesertaan ini seiring dengan pertumbuhan Fasilitas Kesehatan yang semakin meningkat. “Selain komitmen dalam bentuk pembiayaan serta perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan, ke depan kami harapkan peran pemerintah daerah juga makin dioptimalkan baik dari sisi kualitas, mutu dan pelayanan kesehatan,” ujarnya di Kantor BPJS Cabang Makassar, Jalan A.P. Pettarani, Selasa (22/8/2017).

Sejauh ini, Kantor BPJS Cabang Makassar telah bermitra dengan 326 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 123 puskesmas, 60 dokter praktek perorangan, 31 dokter praktek gigi perorangan, dan 112 klinik pratama yang terbagi atas 75 klinik pratama swasta, 12 klinik POLRI dan 25 klinik TNI.

Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Makassar juga telah bekerja sama dengan 43 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 37 rumah sakit (termasuk di dalamnya 6 klinik utama), 31 apotek, serta 12 optik.

Lanjutnya, peningkatan mutu pelayanan juga terus ditingkatkan, sehingga kini masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran melalui sistem drop box di kantor Cabang BPJS Kesehatan, kantor kelurahan dan kantor kecamatan, pendaftaran melalui mitra kerja juga tengah dikembangkan dengan membuka Point Of Service dipusat perbelanjaan seperti di mall dan tempat perbelanjaan lainnya.

“Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS, ataupun kantor layanan operasional kabupaten/kota,” tuturnya. Sementara untuk nasional, jumlah masyarakat yang telah mengikuti program JKN-KIS mencapai 180 juta jiwa atau lebih dari 70 persen jumlah penduduk indonesia di tahun 2017.

 

AIN*

Bagikan:

Komentar Anda