EDfow.com – Dinas Perikanan dan Pertanian mengimbau masyarakat agar kantong kresek berwarna hitam tidak digunakan untuk mengemas daging dari hewan sembeli pada Idul Adha mendatang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DPP) Kota Makassar, Abd. Rahman Bando, Rabu (23/8/2017).

Dalam keterangannnya, Kadis DPP menerangkan bahwa imbauan untuk tidak menggunakan kantong kresek hitam tersebut dikarenakan berdasarkan data yang dihimpun oleh DPP, bahan pembuatan kantong kresek ini sebagian besar menggunakan bahan daur ulang sampah. Hal ini disinyalir bahan pewarna pada kantong kresek tersebut dapat terkontaminasi dengan daging hewan kurban yang dikemas.

“Kantong kresek ini pada umumnya itu luntur apabila bersentuhan dengan benda yang mengandung kadar air tinggi. Sehingga nanti ini bisa terkontaminasi ke daging. Sehingga tidak layak untuk atau berbahaya untuk dikomsumsi,” papar Abd. Rahman Bando.

Ia juga mengatakan bahwa DPP Kota Makassar sebelumnya telah melakukan imbauan. Imbauan tersebut disampaikan melalui sosialisasi penyelenggaraan hewan kurban empat minggu yang lalu dimana dihadiri oleh perwakilan panitia-panitia masjid se-Kota Makassar,  panitia hari Raya Islam dan panitia-panitia penyelenggara hewan kurban se-Kota Makassar dari semua kecamatan yang diundang.

“Jadi yang kita anjurkan adalah kantong plastik bening, ini mengapa dianjurkan, karena ini relatif tidak menggunakan bahan pewarna dalam pembuatannya. Sebetulnya bukan persoalan karena dia plastik, tapi karena dia mengandung bahan pewarna yang bisa luntur dan mengontaminasi dagingnya,” tambahnya.

Selain itu kata dia, efek pemakaian bahan pewarna pada tubuh memang tidak secara langsung. Tidak sama halnya dengan keracunan yang efeknya spontan kelihatan. Sedangkan, pada bahan pewarna, itu akan terakumulasi baru kemudian bahayanya nampak bagi tubuh.

“Memang kalau bahan pewarna tidak langsung kelihatan namun dalam tempo yang lama baru kemudian ada dampak-dampak negatifnya,” pungkasnya.

IBT*

The post Waspada…Jangan Menggunakan Kantong Kresek Hitam untuk Hewan Kurban appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda