EDfow.com – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar telah mengeluarkan hasil pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang diperjualbelikan, Senin (28/8/2017).

Data hasil pemeriksaan hewan kurban tersebut diperoleh dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh 5 tim petugas yang menyebar di 14 kecamatan di Kota Makassar dan 1 tim di laboratorium.

Akumulasi hari pertama pemeriksaan hingga hari keempat, yaitu total sapi ada 3.003 ekor dan yang layak dikurbankan berkisar 2.564 ekor. Sedangkan sapi yang tidak layak ada 439 ekor sapi.

Untuk 439 ekor sapi yang tidak layak itu dengan keterangan, 418 ekor tidak cukup umur, 11 ekor mengidap katarak, 5 ekor cacat pada telinga, 1 cacat pada kaki atau pincang, 3 ekor cacat pada buah zakar dan 1 ekor scabies.

Selama 4 hari, tim petugas pemeriksaan hewan kurban juga telah melakukan pengambilan sampel darah ternak secara acak, kemudian diperiksa di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) DP2 Makassar dan di mobil Animal Care (Laboratorium mobile). Jumlah sample yang diterima ada 295 dan jumlah kartu yang terpakai ada 2.564.

Kepala DP2 Kota Makassar Abd. Rahman Bando mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membeli hewan kurban di pinggir jalan yang tidak diperiksa.

AND*

The post 439 Ekor Sapi Tidak Layak Kurban Ditemukan Oleh DP2 Kota Makassar appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda