EDfow.com – Untuk mempersiapkan hari raya Idul Adha yang jatuh pada 1 September mendatang, Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar (DPP) telah mempersiapkan beberapa hal, seperti semua pedagang binaan DPP untuk menjamin ketersediaan pasokan daging hingga perayaan hari Idul Adha.

“Kami sudah mempersiapkan semua pedagang binaan Dinas Perikanan dan Pertanian, kami sampaikan bahwa semua harus bisa saling bersinergi untuk menjamin pasokan daging baik sebelum Idul Adha maupun pasca Idul Adha,” ungkap Abd. Rahman Bando saat dikonfirmasi, Senin (28/8/2017).

Sehingga katanya, 4 hari setelah Idul Adha atau setelah hari Tasyrik pasokan daging ke pasar-pasar tradisional bahkan belum ada. Pasokan daging ini akan disebar ke rumah restaurant dan rumah makan yang bahan pokoknya berasal dari daging.

Hal itu dikarenakan menurutnya, di hari tersebut sebagian besar rumah tangga masih memiliki simpanan daging dari sembelihan.

“Karena para pedagang itu juga paham bahwa di rumah tangga masih ada simpanan-simpanan daging dari sembelihan kurban. Yang walaupun tidak menyembelih kurban, mereka tetap menerima daging kurban,” tuturnya.

Olehnya ia berpesan, bagi para masyarakat yang ingin membeli daging kurban ataupun hewan kurban untuk disembelih, DPP memiliki beberapa pedagang binaan yang tersebar di beberapa wilayah di kota makassar.

“Kalau pedagang kami Ini kan terbagi dua, ada yang pedagang ternak ada yang pedagang daging. Kalau pedagang ternak ini dominasinya ada di kecamatan Manggala, Biringkanaya, Tamalanrea, dan Tamalate. Kalau pedagang daging terkonsentrasi di sekitaran RPH Tamangapa, dan seluruh pasar tradisional di Makassar,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Menurut Wikipedia, Hari Tasyrik merupakan hari raya umat Islam yang jatuh pada setelah Idul Adha, yaitu hari ke 11, 12 dan 13 pada bulan dzulhijjah menurut kalender Islam atau 4 hari setelah setelah Idul Adha.

AIN*

The post Diperkirakan 4 Hari Setelah Idul Adha, Pasokan Daging di Kota Makassar Belum Ada appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda