EDfow.com –  Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menjadi narasumber Metro Plus Live di Metro TV untuk mengulas tentang persiapan Makassar International Eight Festival and Forum atau populer dengan F8 2017.

Wali Kota Danny mengatakan kegiatan seni, budaya dan hiburan yang kedua kali dilaksanakan pada masa pemerintahannya itu akan mendapat sambutan yang luar biasa dan lebih sukses dari tahun sebelumnya.

Ia juga mengaku, pada tahun lalu kegiatan tersebut telah terlaksana dan sukses sesuai target. Para pengunjung tidak hanya datang dari daerah-daerah lain saja, melainkan juga para pengunjung dari mancanegara, semua puas dengan konsep yang telah ditampilkan.

Konsep yang ditawarkan juga akan lebih beragam dari tahun sebelumnya karena waktu pelaksanaannya juga lebih lama dari tahun sebelumnya, yakni sejak 6 hingga 10 September 2017.

Diketahui F8 merupakan festival budaya terbesar yang pernah digelar di Kota Makassar. Kegiatan menghimpun delapan tema besar, yakni Film, Food, Flora, Fashion, Folks, Fine Art, Fusion Jazz, and Fiction Writer. Budayawan dan pekerja seni, serta berbagai elemen masyarakat berkolaborasi mempromosikan potensi wisata Makassar di kancah internasional.

Pada tahun lalu, panitia pelaksana mengklaim sebanyak 300 ribu orang berkunjung ke F8 yang dipusatkan di Pantai Losari. Tahun ini ajang tersebut akan kembali digelar di tempat yang sama.

Olehnya, Danny menyatakan akan mengemas seri kedua F8 dengan lebih meriah. Pemerintah akan mengundang perwakilan dari 100 negara untuk memeriahkan.

“Sebelumnya dikunjungi oleh 300 ribu orang dalam tiga hari, kali ini dalam 5 hari ditargetkan akan dikunjungi oleh 1 juta orang,” kata Danny.

“Yang menarik adalah pesertanya. Akan diikuti oleh kota-kota top di dunia, misalnya Barcelona, Madrid, Paris, akan kita undang,” dia melanjutkan.

Wali kota berlatar belakang arsitek itu menambahkan, hingga saat ini persiapan undangan sudah dilakukan. Jelang acara, panitia juga menggelar peluncuran agenda secara nasional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar, Rusmayani Madjid berharap F8 bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Makassar.

Sebelumnya Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang menghadiri peluncuran F8 di Jakarta, 8 Mei 2017 lalu menyebut Makassar F8 merupakan konsep yang paling kreatif karena memuat banyak unsur budaya.

Ia mengaku dirinya terkejut dengan konsep yang ditawarkan Makassar F8 dan sebelumnya ia berniat mengkritik konsep ini karena melupakan unsur makanan, tapi ternyata kegiatan ini juga menawarkan konsep makanan, bahkan makanan menjadi satu dari tiga unsur utama dalam Makassar F8.

“Sangat kreatif. Banyak unsur budaya. Harus seimbang antara nilai budaya dan nilai komersil. Ekonomi kreatif dapat berkembang jika unsur budaya dan komersil seimbang,” kata Arief.

Enk*

The post Wali Kota Makassar Paparkan Persiapan F8 di Metro Plus Live appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda