EDfow.com – Sebuah gaya hidup yang sehat akan sangat memengaruhi kesehatan jantung. Berikut 10 hal yang bisa anda dilakukan menurut NHS Choice untuk menjaga jantung tetap sehat, terutama menjaga dari bahaya penyakit jantung dan stroke.

1. Menjadi Aktif

Menjadi aktif dan tetap aktif bisa mengurangi risiko anda terhadap perkembangan penyakit jantung. Hal tersebut juga bisa memicu mood yang baik dan penghilang stress.

Caranya, lakukan 150 menit olahraga aerobik intensitas cukup setiap minggu. Satu cara untuk mencapai itu, adalah dengan melakukannya 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Sesuaikan di mana pun anda bisa lakukan, seperti saat sebelum berangkat kerja.

2. Jaga Berat Badan

Terlalu gemuk bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. tetpa berpegang teguh pada kesehatan, diet seimbang antara lemak dan gula dengan banyak makan buah dan sayuran, dikombinasikan dengan aktifitas fisik secara teratur.

3. Lebih Banyak Makan Serat

Makan makanan yang banyak serat membantu untuk mengurangi risiko penyakit jantung, target setidaknya 30 gram sehari. Makanan serat dari berbagai macam sumber, seperti gandum, roti gandum, dedak, sereal gandum, kentang dengan kulitnya, dan banyak buah dan sayuran.

4. Kurangi Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Terlalu banyak makan makanan yang dengan lemak jenuh tinggi dapat meningkatkan level kolesterol dalam darah. Jika itu terjadi maka akan meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung. Oleh karena itu, pilihlah makanan sehari-hari yang memiliki kadar lemak jenuh yang rendah seperti 1 persen lemak susu keseluruhan.

5. Makan 5 Porsi Sehari

Lima porsi sehari ini adalah dari aneka buah dan sayur sehari. Karena, itu merupakan sumber vitamin, serat dan mineral yang baik. Ada banyak rasa yang bisa anda lakukan seperti menambah potongan buah pada sereal atau termasuk sayur dalam saus pasta dan kari.

6. Kurangi Pemakaian Garam dalam Makanan

Untuk menjaga keseimbangan tekanan darah anda, maka hindari penggunaan garam berlebih dan kurangi pemakaiannya pada masakan anda. Sekali anda membiasakan diri dengan masakan tanpa garam, seterusnya anda akan terbiasa.

Perhatikan kadar garam yang tinggi pada makanan instant. Kebanyakan dari garam yang kita makan sudah ada dalam makanan yang kita beli. Periksa label, kadang kandungan garamnya lebih dari 1.5 gram (0.6 sodium) per 100 gramnya. Orang dewasa memerlukan garam kurang dari 6 gram sehari secara total. Itu sekitar satu sendok teh.

7. Makan Ikan

Makan ikan minimal dua kali seminggu, termasuk satu porsi ikan berminyak. Ikan seperti mackerel, sardin, Tuna segar dan salmon adalah sumber lemak Omega-3 yang melindungi dari penyakit jantung. Ibu hamil atau yang menyusui sebaiknya tidak makan lebih dari dua porsi ikan berminyak.

8. Kurangi Minuman Beralkohol

Jangan lupa bahwa minuman beralkohol juga mengandung kalori karena hal itu dapat berisiko pada kesehatan jantung anda.

9. Berhenti Merokok

Jika anda adalah seorang perokok, berhenti. Itu adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk kesehatan jantung. Merokok adalah salah satu penyebab utama dari penyakit jantung koroner. Setahun setelah berhenti, risiko terhadap serangan jantung bagi perokok akan menurun setengah dari sebelumnya.

10. Baca Label Makanan yang Anda Beli

Ketika anda berbelanja, sangat perlu bagi anda untuk memperhatikan label pada kemasan makanan dan minuman yang anda beli seberapa banyak jumlah kalori dan lemak. Mengetahui apa yang terkandung dalam produk yang kita beli dapat membantu diet anda.

 

ANT*

Bagikan:

Komentar Anda