EDfow.com – Panglima Komando Daerah Militer (KODAM) XIV Hasanuddin menggelar kuliah umum di Masjid Umar Bin Khattab Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Selasa (12/9/2017).

Di kuliah umum itu, Jendral TNI Agus surya Bakti mengimbau kepada seluruh sivitas akademik yang hadir di Masjid Umar Bin Khattab untuk menekankan 3 poin penting yang harus dimiliki setiap manusia yaitu Ukhuwa Islamiyah, Insaniah, dan Wathaniyah.

“Kita sebagai warga Indonesia harus bisa memiliki rasa Ukhuwa Islamiyah yaitu merasakan bahwa ummat muslim yang ada di seluruh dunia adalah saudara yang patut kita lindungi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jendral Agus memaparkan bahwa rasa persaudaraan akan membuat konflik perbedaan hilang, serta bangsa Indonesia menjadi lebih kokoh dari sebelumnya dan tidak ada lagi perpecahan yang terjadi di Indonesia.

“Ukhuwa Insaniah adalah rasa yang menganggap seluruh manusia yang ada di muka bumi itu adalah saudara kita dan yang terakhir, Ukhuwa Wathaniyah adalah rasa saling menjaga kerukunan antarummat beragama dan menghargai perbedaan yang ada di tanah air kita, Indonesia,” Tuturnya.

Di akhir ceramahnya, Komandan KODAM XIV menegaskan, bahwa TNI dan rakyat adalah satu, “TNI adalah bagian dari rakyat dan rakyat adalah bagian dari TNI,” tegasya.

 

NCL*

Bagikan:

Komentar Anda