EDfow.com -Sebuah penelitian menemukan, bahwa pria yang berumur 50 tahun berpotensi memiliki usia jantung yang lebih tua dari umurnya yang sebenarnya.

Riset tersebut dilakukan oleh The Public Health England (PHE) di mana penemuan tersebut berdasarkan hasil analisis dari 1.2 miliar orang mengikuti tes usia jantung dan 33.000 di antaranya dari pria yang berusia 50 tahun.

Dilansir dari BBC September 2017, alhasil 1-10 dari pria berusia 50 tahun tersebut memiliki umur jantung 10 tahun lebih tua dari usia yang sesungguhnya mereka miliki, sehingga mempertinggi risiko terkena serangan jantung dan stroke yang fatal.

Organisasi PHE juga bahkan memprediksi bahwa 7.400 orang akan meninggal di Inggris karena penyakit jantung atau stroke hanya bulan ini.

Selain itu, menurutnya penyakit Jantung juga merupakan penyebab utama kematian di antara laki-laki dan lalu kedua di antara perempuan.

Kendati demikian, kebanyakan kematian tersebut dapat dicegah dan seperempat adalah orang-orang yang berusia di bawah 75 tahun.

“Menangani risiko kita terhadap penyakit jantung dan stroke seharusnya tidak diabaikan sampai kita berusia lebih tua,” tegas Kepala Penyakit kardiovaskular PHE, Jamie Waterall.

Baca juga ini: 10 Tips Menjaga Jantung Tetap Sehat Agar Terhindar dari Serangan Jantung dan Stroke

PHE menyebutkan sekitar setengah dari responden yang disurvei sebelumnya tidak mengetahui tekanan darahnya dan 5.6 miliar orang yang tinggal di Inggris saat ini punya tekanan darah tinggi tanpa mengetahui hal itu.

Terpisah, Dr Mike Knapton dari the British Heart Foundation menanggapi hal tersebut mengatakan hal tersebut sangat berbahaya.

“Sangat mencemaskan, kondisi seperti itu bisa memicu terjadinya serangan jantung dan stroke yang mematikan jika tidak dirawat,” ungkapnya.

Olehnya, Katherine Jenner dari Blood Pressure UK menyarankan agar melakukan tes tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung lebih cepat.

“Tes tekanan darah bisa menjadi langkah pertama yang penting untuk memperpanjang usiamu,” pungkasnya.

 

ANT*

Bagikan:

Komentar Anda