EDfow.com – Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar melaksanakan Training of Trainer (ToT) untuk seluruh pekerja konstruksi di Sulawesi Selatan, di Hotel Ibish Jalan Ratulangi yang dilaksanakan 11-16 September 2017.

Ketua Panitia pelaksanaan ToT, Afandi Andi Basri menuturkan bahwa ToT ini diadakan sesuai dengan program dari Kementerian Pengerjaan Umum (PU) yang berlandaskan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi.

“Ini memang program kerja dari kementerian PU, sekarang ada itu undang-undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi. Semua tenaga kerja konstruksi diwajibkan untuk memiliki sertifikasi jasa konstruksi,” ungkapnya saat ditemui di Hotel Ibis Makassar, Jalan Ratulangi, Rabu (13/09/2017).

Kegiatan yang menghadirkan 60 orang peserta ini tidak hanya dari Sulawesi Selatan saja, tapi juga ada peserta dari Gorontalo dan beberapa perwakilan kampus dan Dinas PU yang ada di Sulawesi.

“Pesertanya 2 kelas itu ada 60 orang dari dari Dinas PU se-Sulawesi seperti Palu, Kendari, kabupaten/kota dan provinsi. Dari dosen-dosen juga, dari politeknik, Universitas Tadulako, Universitas Gorontalo, sampai hari Sabtu,” tuturnya.

Lanjutnya, sehingga Dinas PU dan Dosen dari berbagai kampus yang ikut ToT dan telah memiliki sertifikat dari ini dapat mengajar di lingkup kabupaten/kota atau provinsinya masing-masing.

Adapun tenaga kerja konstruksi yang akan disertifikasi yaitu tukang pasang bata, tukang kayu, tukang besi, tukang bangunan umum dan operator alat berat.

 

AIN*

Bagikan:

Komentar Anda