LiputanTAMA.com – Sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi, seluruh tukang seperti tukang pasang bata, tukang kayu, tukang besi, tukang bangunan umum dan operator alat berat wajib memiliki sertifikasi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Sementara, tukang yang ada di Indonesia masih banyak yang belum memiliki sertifikiasi, sehingga banyak tenaga kerja asing yang siap bekerja sebagai tukang di Indonesia hanya bermodalkan sertifikat dari BNSP.

“Inimi sebenarnya kita kalah langkah dengan malaysia dan singapura, semua tukang-tukang mereka itu sudah tersertifikasi dan bebas bekerja masuk di Indonesia, sementara kita dari Sulawesi Selatan itu belum semuanya memiliki sertifikat,” ungkap Staf Pelatihan penyelenggara Pelatihan dan Pengendalian Mutu Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Fandi Andi Basri, di Hotel Ibis, Jalan Ratulangi, Rabu (13/9/2017).

Olehnya, Kementerian Pengerjaan Umum (PU) akan melakukan pelatihan bagi tukang yang belum bersertifikat. Sehingga, ketika nantinya masih ada yang belum memiliki sertifikat akan dilakukan penindakan seperti pemberhentian dari tempat kerja.

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah menjanjikan kenaikan penghasilan bagi tukang yang telah tersertifikasi. “Gunanya juga, bagi tukang yang bersertifikat nanti pemerintah buat aturan ada peningkatan upah kerja ketika mereka bersertifikat mereka akan mendapatkan nilai hak pendapatan yang lebih baik,” jelasnya.

“Kalau tingkatan tukang beda-beda, ada kepala tukang, tukang dan mandor. Tergantung lagi dari klasifikasi sertifikatnya, kalau tingkatan ini kan ada namanya lembaga pengembangan jasa konstruksi itu sudah membagi-bagi khusus sertifikasi,” lanjutnya.

Sehingga bagi tenaga ahli yang telah memiliki sertifikat remunerasi, mendapatkan penghasilan di luar dari upah pokoknya sebagai tukang.

“Ada namanya tenaga terampil atau tenaga ahli yang bekerja di bidang sektor konstruksi, kalau tingkat ahli sudah ada namanya remenerasi mereka memiliki penghasilan di luar dari pada upahnya,” pungkasnya.

 

AIN*

Bagikan:

Komentar Anda