EDfow.com – Focus Group Discussion penilaian instrumen nominator kepemimpinan kepala daerah leadership award tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pusat Litbang Otonomi Daerah, Politik dan Pemerintahan Umum Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, di Jakarta berakhir hari ini, Rabu (13/9/2017).

Menurut Kepala Badan Litbang Kota Makassar Aryati Puspasari Abady, Pada sesi terakhir FGD diisi oleh tiga narasumber yakni :

1. Prof. Siti Zuhro (Peneliti LIPI)
2. Prof. Yeremias T. Keban
3. Prof. Muhlis Hamdi

“Ketiga narasumber itu memberikan banyak masukan dan konsep dalam penyusunan indikator penilaian Leadership Award yg dilakukan oleh BPP Kemendagri,” kata Aryati, melalui pesan WhatsApp, Rabu (13/9/2017).

Adapun inti dari pembahasan FGD yang telah dirangkum oleh Aryati sebagai berikut :

1. Pelaksanaan Leadership Award harus memiliki makna dan kekhasan dari kementerian dalam negeri sehingga berbeda dengan Award yg diberikan oleh Kementerian atau Lembaga lainnya.

2. Variabel dan indikator sebaiknya berdasarkan pelaksanaan manajemen kinerja dan tata kelola pemerintahan sesuai dengan kewenangan / urusan yg telah diamanahkan dalam UU No. 23 Tahun 2014 ttg Pemerintahan Daerah.

3. Penilaian kinerja kepala daerah dilakukan dengan menggunakan Indeks Kinerja Daerah yang dapat diambil dari progress pencapaian program yg telah direncanakan pada RPJMD masing masing Daerah

4. Mengumpulkan sebanyak mungkin data dan informasi sekunder untuk memperkaya informasi dalam penilaian kinerja

5. Pelaksanaan penilaian selayaknya dilakukan oleh Tim Independen sehingga bebas nilai dan akuntabilitasnya lebih terjamin dan dianggap lebih obyektif.

6. Disampaikan untuk bisa menggunakan sistem aplikasi secara online dalam melakukan pengusulan THD Kepala Daerah yang akan dinilai.

7. Pemberian penghargaan diusulkan secara cluster/pembagian wilayah karena dianggap lebih fair.

Selama kegiatan berlangsung Aryati mengaku telah memberikan saran serta masukan kepada tim penyusun indikator penilaian untuk melakukan penilaian secara konperehensif.

Diketahui, Kepala Badan Litbang Kota Makassar Aryati Puspasari Abady diundang oleh Badan Litbang Kemendagri mewakili Pemerintah Kota Makassar, karena menjadi salah satu kandidat atau nominator yang diunggulkan untuk meraih penghargaan “Leadership Award” Tahun 2017.

HND**

The post Ini Yang dibahas FGD Instrumen Nominator Kepemimpinan Kepala Daerah Leadership Award 2017 di Jakarta appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda