EDfow.com – Gizi buruk pada Anak bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, Menurut UNICEF ada dua penyebab langsung terjadinya gizi buruk seperti dikutip dari Lusa Web, yaitu:

1. Kurangnya asupan gizi dari makanan. Hal ini disebabkan terbatasnya jumlah makanan yang dikonsumsi atau makanannya tidak memenuhi unsur gizi yang dibutuhkan karena alasan sosial dan ekonomi yaitu kemiskinan.

2. Akibat terjadinya penyakit yang mengakibatkan infeksi. Hal ini disebabkan oleh rusaknya beberapa fungsi organ tubuh sehingga tidak bisa menyerap zat-zat makanan secara baik.

Sementara itu, juga tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada faktor lain yang dapat memicu hal tersebut, seperti faktor ketersediaan pangan yang bergizi dan terjangkau oleh warga, perilaku dan budaya dalam pengolahan pangan dan pengasuhan asuh anak, serta pengelolaan yang buruk dan perawatan kesehatan yang tidak memadai.

Terpisah, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sendiri merumuskan faktor penyebab gizi buruk pada balita menjadi 3 yaitu keluarga miskin, ketidaktahuan orang tua atas pemberian gizi yang baik bagi anak ataukah memang adanya faktor penyakit bawaan pada anak, seperti jantung, TBC, HIV/AIDS, saluran pernapasan dan diare.

 

ANT*

Bagikan:

Komentar Anda