EDfow.com – Program Studi (Prodi) Profesi Ners, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) menguji skill mahasiswanya dengan ujian metode Osce di Laboratorium Keperawatan FKM UMI.

Osce atau Objective structured clinical examination adalah suatu metode untuk menguji kompetensi klinik secara objektif dan struktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu.

Staf Laboratorium Keperawatan FKM UMI, Fitra Febrianti S.Kep Ners, menyampaikan ujian Osce ini sebagai metode ujian untuk mengetahui skill dan tingkat pengetahuan mahasiswa keperawatan.

“Dalam ujian osce ini bisa mengevaluasi pengetahuan mahasiswa dalam bidang keperawatan,” ujar Fitra.

Perempuan kelahiran Makassar, 7 April 1991 ini, menerangkan dalam Osce ada 4 tahap pengujian yaitu fase pra interaksi (sebelum berhadapan dengan pasien), fase interaksi (bagaimana perawat mampu berinteraksi dengan pasien), fase Kerja (perawat melakukan suatu tindakan sesuai standar operasional prosedur) dan fase terminasi (perawat dianjurkan berkomunikasi ketika berpamitan dengan pasien).

“Ketika ada mahasiswa yang belum mahir dalam ujian Osce ini, maka ia dianggap gagal dan harus mengikuti remedial atau pengulangan,” ungkap Fitra saat dikonfirmasi Kamis, (14/9/2017).

Fitra berharap sebelum mahasiswa turun praktek lapangan, mereka bisa mengetahui apa saja yang akan dikerjakan di puskesmas atau rumah sakit.

“Agar mahasiwa tahu apa yang menjadi tanggung jawab mereka saat praktek lapangan,” ujarnnya singkat.

 

ANT*

Bagikan:

Komentar Anda