EDfow.com – Banyaknya anak-anak yang menjadi korban PCC, Kepala Bidang Pendidikan Kota Makassar, A. Hidayat menjelaskan beberapa penanganan yang telah dilakukan para guru serta Pemerintah Kota Makassar, saat ditemui di ruangannya, Kantor Dinas Pendidikan, Selasa (19/9/2017).

“Program Wali Kota Makassar yaitu “Jagai Anakta”, di sinilah waktunya dilaksanakan. Di sekolah, anak-anak dijaga oleh gurunya berkisar waktu 7 jam, sedangkan 16 jam anak-anak berada di luar sekolah dan di sinilah peranan orang tua sangat dibutuhkan,” jelas Hidayat.

Untuk penanganan atau pencegahan awal agar anak terhindar dari PCC, yaitu aturan sekolah yang diperketat. “Kalau ini kita maksimalkan, maka hal-hal seperti kasus PCC ini bisa kita hindari,” kata Hidayat.

Hidayat melanjutkan, “Misalnya, di sekolah guru-guru wajib melakukan pendekatan dengan anak sambil memeriksa tas mereka. Setelah pulang sekolah, orang tua pun harus sudah ada di gerbang sekolah menjemput anak dan jangan biarkan mereka keluar kelayapan”.

Menurutnya, penanganan ini sudah efektif dilakukan oleh para guru dan orang tua di beberapa sekolah-sekolah di Kota Makassar.

“Inilah kesimpulan dari program Wali Kota ‘Jagai Anakta’, anak ta bergaul sama siapa, dia pakai apa, jalan sama siapa, dan ini sebenarnya juga sudah dijalankan beberapa tahun lalu,” kuncinya.

AND*

The post Kabid Pendidikan Kota Makassar Jelaskan Penanganan PCC dalam Lingkup Sekolah appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda