EDfow.com – Pemerintah Perancis bekerjasama dengan GovInsider Singapore menghadirkan Wali kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto sebagai pembicara dalam acaranya, yakni 3rd International Experience Forum di Shangri-la Hotel Surabaya, Selasa (19/9/2017).

Danny Pomanto dalam hal ini tampil untuk memaparkan program Smart City yang selama ini dijalankan di Kota Makassar. Pada kesempatan itu juga, ia membeberkan berbagai gagasan dan pengalaman selama menjalankan program Smart City.

“Pentingnya 3 (tiga) kata kunci dalam suatu Smart City di sebuah kota, yakni pelibatan publik, data yang customised dan inovasi, yang menentukan kota tersebut menjadi suatu Smart City yang dibutuhkan oleh masyarakat”, ungkap Danny.

Lebih lanjut Danny menegaskan bagaimana crusialnya kata kunci pertama, yakni pelibatan publik dalam membentuk sebuah Smart City. Menurutnya, tidak ada sebuah smart city tanpa public engagment (pelibatan publik).

Kendati demikian, kata Danny, smart city mesti disesuaikan dengan kota yang akan menerapkannya atau customised. Karena setiap kota memiliki tantangan yang berbeda-beda, meskipun ada standar isu kota-kota besar. Alasannya, setiap pemerintahan mesti bertanggung jawab terhadap masyarakatnya.

Hal itu katanya, berkenaan dengan begitu banyaknya persoalan yang dihadapi maka juga dibutuhkan berbagai inovasi. “Inovasi yang terbaik adalah yang termurah, bukan yang termahal,” terangnya.

AND*

The post Tampil Sebagai Pembicara dalam Forum Internasional, Danny Sebutkan 3 Kata Kunci dalam Smart City appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda