EDfow.com – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar, Aryati Puspasari mengaku sudah mulai menginisiasi lahirnya jurnal ilmiah.

“Sekarang diinisiasi oleh Mendagri, kita disarankan melakukan jurnal ilmiah by online,” jawabnya ketika ditemui di ruangannya, Selasa, (19/9/2017).

Aryati menambahkan kami nanti juga keinginannya terindeks dengan scopus. “Karena kalau jurnal ilmiah tidak terakreditasi tidak ada gunanya,” tutur Aryati.

Lebih lanjut lagi, Aryati menyampaikan kalau itu terindeks misalnya seperti scopus yang seperti di perguruan tinggi.

Itu bisa punya point tinggi, yang kedua punya tingkat integritas yang bagus juga.

“Karena kan kita khawatirkan tulisan-tulisan ilmiah itu adalah karya plagiat, nah, kalau kita terindeks scopus itu akan terlihat semua apakah ini plagiat atau murni lahir dari penulis,” tuturnya.

Aryati juga mengungkapkan, selain hasil penelitian jurnal juga bisa memuat tulisan-tulisan yang dibuat oleh masyarakat ilmiah.

“Jadi selama dia masuk dalam kategori tulisan ilmiah karena ada standar baku sehingga tulisan itu bisa dimuat di dalam jurnal ilmiah, ada standar-standar penulisannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Aryati mengungkapkan pihaknya juga banyak bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi termasuk program-program pascasarjana.

“Karena kan sekarang juga program pascasarjana itu mempersyaratkan untuk S2, dia harus punya jurnal internasional,” katanya.

Aryati juga mengatakan ada prospek. “Ini prospeknya bagus ke depan, jadi kita saling membutuhkan, mereka butuh kami sebagai jurnal yang terakreditasi, kita juga butuh mereka untuk bisa mengisi kolom-kolom yang dibutuhkan dari tulisan kita,” terang Aryati.

Sementara itu, saat ini katanya sudah banyak kampus yang diajak bekerjasama termasuk dari jurnal yang di Litbang Kemendagri yang menjadi induk kami yang ada di pusat.

“Sudah ada pendampingan kemarin juga diberikan untuk beberapa kabupaten, kota yang memang sudah punya inisiasi untuk membentuk jurnal ilmiah online termasuk Makassar,” ungkapnya.

FAJ*

The post Balitbangda Kota Makassar Akan Buat Jurnal Online appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda