EDfow.com – Camat Tamalanrea Kaharuddin Bakti menyebut beberapa program dan keberhasilan Pemerintah Kota tak lepas dari peran dan partisipasi para Ketua RT/RW serta warga Kelurahan se Kecamatan Tamalanrea.

Kaharuddin menjelaskan bahwa salah satu peran RT/RW menjadikan Makassar dua kali tambah baik yakni dengan mewujudkan 9 indikator penilaian kinerja RT/RW, yaitu :

01. Lorong garden (Longgar).
Sudah berapa Longgar yg terbina, diukur dari segi panjang dan jumlahnya. Pada indikator ini dibuktikan dengan foto terakhir kondisi lorong dengan persentase ketuntasan mulai 0-50-100 persen.

02. Makassarta Tidak Rantasa (MTR).
Sejauh mana ketaatan warga terhadap jadwal pengangkutan sampah oleh pemerintah setempat serta Penataan kaki lima dan pembersihan drainase.

03. Bank Sampah.
Berjalannya proses pemilahan sampah rumah tangga dan jumlah warga/rumah tangga yang terdaftar sebagai nasabah bank sampah.

04. Retribusi Sampah.
Menetapkan jumlah target wajib retribusi serta realisasi pencapaian target retribusi tersebut.

05. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
Tersedianya data objek PBB (berdasarkan lembar SPPT). Jumlah realisasi pencapaian target PBB tahun berjalan.

06. Sombere.
Volume pelaksanaan pertemuan/rapat setiap bulan. Volume kerja bakti setiap bulan. Jumlah kelompok pengajian. Pelaksanaan pertemuan / rapat kegiatan keagamaan setiap bulan. Terbentyknya jadwal ronda. Tingkat ketaatan warga terhadap jadwal ronda.

07. Smart City.
Ketua RT/RW memiliki smart card. Tingkat ketertarikan warga memiliki smart card.

08. Adminstrasi RT/RW.
Tersedianya 12 buku administrasi ketua RT/RW. Jumlah buku dan keaktifan dalam proses pengisian/pencatatan .

09. Control Sosial Activity,
Ketua RT/RW melakukan aktivitas pemantauan warga baik yang bersifat positif maupun yang diduga menyimpang. Melaporkan secara langsung ke wali kota, Makassar, Bagian BPM Makassar atau aplikasi yang ada.

“Itulah ke 9 indikator, sekedar mengingatkan bahwa 9 indikator itu sudah harus menjalankannya,” ujar Kaharuddin (20/9/2017).

HND**

The post Camat Tamalanrea Ungkap 9 Indikator Penilaian Kinerja RT/RW appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda