EDfow.com – Indikator kemajuan sebuah negara salah satunya dapat dilihat dari seberapa mampu negara tersebut dapat memenuhi kebutuhan energi bagi dirinya sendiri. Sejak era revolusi industri di Inggris tahun 1750, kebutuhan manusia akan energi tidak dapat terbantahkan lagi.

Demi mencapai kemajuan yang diinginkan, eksplorasi dan eksploitasi sumber-sumber energi terus terjadi hingga saat ini. Energi fosil menjadi primadona hampir seluruh negara di dunia. Dikotomi negara maju dan berkembang tak pelak juga dapat diukur dari indeks ketahanan energi sebuah negara.

Penggunaan energi fosil di seluruh dunia tidak dapat dipungkiri masih menjadi yang pertama dan utama dalam rangka mendorong pencapaian-pencapaian pembangunan yang diinginakn. Namun suka atau tidak, kenyataan bahwa energi fosil memiliki limit dalam mensupport kebutuhan manusia harus dipikirkan.

Oleh karena itu, penemuan dan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) mutlak diperlukan dalam rangka mempersiapkan generasi mendatang menghadapi tantangan ketahanan energi.

Bagikan:

Komentar Anda