EDfow.com – Dinas Kesehatan Kota Makassar melakukan sosialisasi program “Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular” di Kantor Lurah Antang, Jumat (22/9/2017).

Dr. Hadarati Razak M.Kes sekaligus narasumber di kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut agar penularan penyakit HIV dapat tercegah di tengah-tengah masyarakat.

“Selain dari penularan melalui hubungan seks, yang paling kita takutkan adalah penularan dari ibu ke bayi yang dikandungnya dan itulah yang bisa kita cegah,” ucap Hadarati kepada crew Liputan Utama.

Ia menambahkan bahwa sejak tahun 2014 lalu, dari pihak Dinas Kesehatan melalui puskesmas sudah lakukan deteksi dini kepada ibu-ibu hamil.

“Deteksi ini tujuannya untuk mencari ibu-ibu hamil yang positif HIV dan langsung kita obati agar tidak menular ke bayinya begitu juga ketika bayi sudah lahir dari ibu yang positif langsung diobati,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa inilah upaya yang dilakukan pihaknya dengan mengumpulkan Ketua RT/RW, Kader PKK serta Kader Posyandu untuk menjadi penyambung informasi kepada masyarakat di sekitarnya.

“Kami berharap media juga mendukung kami menyebarkan informasi agar masyarakat waspada begitu tahu gejalanya serta menghindari kemungkinan yang bisa menyebabkan penularan karena percepatan penularan penyakit HIV sangat cepat,” pungkasnya.

NCL*

The post Cegah Penularan HIV, Dinas Kesehatan Menyentuh Langsung Masyarakat appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda