EDfow.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (Patelki) Makassar menggelar Seminar Ilmiah dan Gerakan 1000 Kantong Darah, di Hotel Remcy, Jalan Boulevard, Makassar, Sabtu (23/9/2017).

Seminar yang bertemakan “Regulasi jaminan kesehatan nasional (JKN) dalam menunjang layanan pemeriksaan laboratorium medik” ini diikuti kurang lebih 200 peserta yang berlatar belakang analisis laboratorium se-Sulsel serta dihadiri oleh Wakil Wali Kota Makassar Syamsul Rizal MI (Daeng Ical) sebagai pemateri.

Dalam materinya, Deng Ical menyatakan bahwa semua orang di republik ini terutama sekali bagi yang sudah terdaftar dan memiliki nomor induk kependudukan itu sudah tercover dalam jaminan kesehatan nasional (JKN).

“Jadi kalau kita semunya ini ada yang tidak tercover berarti harus bertanya. Mendaftarkah tidak?, kalau tidak mendaftar berarti kita yang salah dan kalau kita mendaftar baru tidak tercover berarti negara yang salah,” jelas Deng Ical selaku Ketua PMI Makassar.

Ia juga mengaku bahwa penduduk Makassar saat ini yang tercover oleh JKN itu secara nasional hanya kurang lebih 40 persen dan selebihnya itu APBD yang menutupi kekurangannya.

Lanjutnya menjelaskan, saat ini Makassar berada di angka kurang lebih 80 persen dan tahun kemarin hanya mencapai angka 75 persen.

“Jadi kira-kira sudah 4 dari 5 orang penduduk di Makassar itu sudah tercover karena perintah UDD Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UUD Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nasional,” pungkasnya.

AND*

The post Deng Ical Jadi Pemateri Seminar Ilmiah Gerakan 1000 Kantong Darah appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda