EDfow.com – Dialog rutin Wali Kota Makasaar atau Coffee Morning yang diselenggarakan oleh Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota Makassar dengan tema “Stop Hoax, Stay Positive” di Cafe Independen, Sekret Aliansi Jurnalis Indonesia, Jalan Toddopuli, Senin (25/9/2017).

Dialog tersebut dihadiri oleh 2 narasumber di antaranya Akademisi Aswar Hasan dan Qadriansyah Agam sedangkan moderator yaitu Andi Mangara dari Radio Mercurius TOP FM.

Dalam dialog tersebut, Aswar Hasan mengatakan bahwa pelaku hoax adalah teman iblis karena hoax termasuk perbuatan dari iblis. “Hoax adalah perbuatan iblis. Biasanya perbuatan iblis inilah yang sering menelan korban,” tegas Aswar.

Lanjut Aswar menerangkan, hoax adalah perbuatan yang menyerang, melebih-lebihkan atau mengagung-agungkan dan tidak didukung oleh data dan fakta yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Aswar kembali mengatakan bahwa konten hoax paling umum dimuat oleh media yang belum terverifikasi dan memiliki jurnalis yang tidak profesional dan kebanyakan dari media-media online.

Hoax tumbuh subur dan lahir dari pemerintah dan dapat kembali menyerang pemerintah bila pemerintah tersebut tidak transparan, dan melaksanakan kebijakan hanya demi kepentingan diri sendiri.

“Intinya kalau pemerintah mengeluh dengan adanya berita hoax, cobalah untuk transparan, objektif, dan akuntabel,” tutur Aswar.

Ia juga mengatakan bahwa hoax dan kritik itu tidak sama. Kritik sifatnya membantu dan membangun sedangkan hoax sasarannya adalah menyesatkan hingga membuat masyarakat salah dalam menilai sesuatu.

AND*

The post Dialog Rutin Wali Kota Makassar, Aswar Hasan: Hoax Adalah Perbuatan Iblis appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda