EDfow.com – Program Bank Sampah semakin dirasakan manfaatnya oleh warga Kota Makassar. Penerapan sistem pemilahan sampah itu pun kian digemari, selain karena masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, program tersebut juga dapat bernilai ekonomis.

Masyarakat di Kelurahan Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, yang wilayahnya terletak di tengah padatnya penduduk kota, menyadari betul-betul manfaat program tersebut. Apalagi volume sampah industri, seperti plastik, kaleng dan botol terbilang besar di daerah tersebut.

“Masyarakat berperan aktif dalam pengelolaan Bank Sampah karena sampah yang dulunya tidak bernilai, itu akan bernilai dengan adanya Bank Sampah yang dikelola secara profesional,” kata Lurah Bulo Gading, Muhammad Aminuddin, Rabu (27/09/2017).

Ia menuturkan, dari empat RW di daerahnya, semuanya menerapkan program Bank Sampah. Masing-masing RW kata dia, telah memiliki satu unit Bank Sampah.

“Di RW 1 namanya Bank Sampah Somba Opu, di RW 02 Bank Sampah Bulo Gading, kalau di RW 03 namanya Bank Sampah Matahari dan RW 04 Bank Sampah Roterdam,” tuturnya.

Aminuddin mengatakan, potensi besarnya volume sampah yang dimanfaatkan oleh warga di program Bank Sampah tersebut secara otomatis dapat mengurangi beban sampah yang dikirim ke TPA Antang. Sehingga kebersihan Kota Makassar pun dapat semakin terjaga.

“Dengan adanya pemilahan-pemilahan di Bank Sampah kami maka akan mengurangi volume sampah dibawa ke TPA Antang semakin kecil. Kemudian ini akan memudahkan petugas kebersihan, karena hasil penjemputan langsung dibawa ke tempat pemilahan sampah, tidak langsung ke Antang,” tutupnya.

RSM*

The post Bank Sampah Bulo Gading, Jadikan Sampah Bernilai Ekonomis appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda