EDfow.com- Pemerintah Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat, untuk bersama-sama membenahi lorong, sebagai bentuk penerapan program Lorong Garden (Longgar).

Lurah Parang Tambung, Yudistira mengatakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat diperlukan, karena kata dia, pembangunan tak hanya pada saat mewujudkan programnya, diperlukan keikutsertaan masyarakat dalam proses perawatan.

“Perhatian masyarakat kepada lingkungan menjadi semakin tinggi, kemudian rasa memiliki wilayah sehingga dengan sendirinya setiap program pemerintah itu akan terpelihara,” kata Yudistira kepada Liputan Utama, Rabu (27/09/2017).

Ia mengatakan, berdasarkan data sementara di Kelurahan Patang Tambung 72 dan yang telah berhasil dibenahi sebanyak 41 Lorong. “Yang lain masih tahap pembersihan, kita kerja secara bertahap,” tuturnya.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat kata dia, pihaknya terus melakukan beberapa kegiatan-kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan partisipasi warga. Kegiatan itu kata dia, seperti perlombaan pembenahan lorong pada bulan Agustus yang lalu.

“Bagaimanapun bagusnya program pemerintah tanpa adanya partisipasi masyarakat, tidak akan berjalan maksimal. Banyak program pemerintah yang tidak terpelihara apabila tidak ada rasa kepemilikan dari warga,” tuturnya.

“Sehingga apabila sudah terbangun itu, sudah terlaksana kegiatan pembenahan lorong itu akan panjang pasca pemeliharaanya oleh warga sendiri,” tambahnya menutup.

 

RSM

Bagikan:

Komentar Anda