EDfow.com– Kreatifitas sangat diperlukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat sejak dini. Terlebih di tengah kurangnya minat baca masyarakat Indonesia, inovasi-inovasi untuk menemukan program baru yang mampu mendongkrak minat baca tersebut begitu diperlukan.

Tapi siapa sangka, inovasi-inovasi yang sangat diharapkan tersebut malah lahir dari pemikir-pemikir yang tinggal di lorong-lorong sempit di Kota Makassar. Tepatnya di RW 05 Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate.

Adalah Ketua LPM Parang Tambung, Bachtiar Adnan Kusuma yang mencetuskan program Perpustakaan Lorong yang dibuat di dalam kawasan lorong. Lorong yang biasanya diasosiasikan sebagai tempat kumuh.

Jangan heran, Pemerintah Kota Makassar di bawah kepemimpinan Danny Pomanto memang konsen memulai program pembangunan dari lorong. Program Lorong Garden (Longgar) jadi program utama untuk memperindah lorong-lorong di Kota Makassar.

Perpustakaan di dalam lorong itu dilengkapi oleh berbagai macam buku bacaan untuk anak-anak dan remaja. Selain menyediakan buku dan tempat membaca, setiap Sabtu juga ikut diprogramkan pembacaan dongeng untuk anak-anak di lorong itu.

Selain fasilitas tersebut, Pemerintah Kelurahan Parang Tambung bersama Kecamatan Tamalate membantu menyediakan fasilitas Internet di tempat itu.

“Sebelum dibanguni Perpustakaan Lorong, kami terlebih dahulu benahi lorong itu. Kemudian kami dibantu Pemerintah Kecamatan Tamalate menyediakan WiFi, jadi di sana juga ada fasilitas internetnya,” ungkapnya.

Yudistira mengatakan amat bersyukur dengan hadirnya Perpustakaan Lorong itu, sebab kalangan remaja dan anak-anak mempunyai wadah untuk menyalurkan minat bacanya.

“Selain buku adalah jendela ilmu, kita juga memberikan ruang-ruang kegiatan positif bagi anak-anak. Di sana juga anak-anak diberikan pendidikan akhlak dan mental supaya terhindar dari kegiatan negatif,” tuturnya.

Sebagai dukungan untuk Perpustakaan Lorong itu, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perpustakaan telah memberikan bantuan buku untuk tempat baca itu. Tempat itu juga kini dilengkapi dengan beberapa unit Komputer bantuan dari unit Pemberdayaan Kota Makassar.

RSM*

The post Perpustakaan Lorong Parang Tambung, Inovasi Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda