EDfow.com – Dialog rutin Wali Kota atau Coffee Morning yang digelar oleh Humas Pemerintah Kota Makassar (Pemkot) dengan tema “Parkir Online” di Turatea Cafe, Jalan H. Bau, Kamis (28/09/2017).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yaitu Direktur Utama PD Parkir Kota Makassar, Ir. Muhammad Irianto Ahmad dan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Makassar, Andi Asminullah.

Menurut Irianto, kegiatan ini sebuah tindak lanjut dari visi Pemerintah Kota Makassar dalam menjadikan Makassar menjadi kota dunia.

“Apa itu Makassar Kota Dunia? Tentu kota yang memiliki pelayanan yang nyaman, cepat, dan tidak lagi mengalami kebocoran-kebocoran, maka dari itu kami menginisiasi pelayanan parkir secara online. Maka, parkir online juga salah satu ciri dari Kota Dunia,” kata Irianto.

Lanjutnya, dalam perparkiran sistem online terdapat dua tipe pelaksanaan yaitu, Juru parkir (jukir) akan dibekali dengan print dan voucer yang telah tercover pada android yang mereka gunakan.

“Jadi tahap pertama, jukir menerima uang cash dari pengendara dan ditop up masuk ke dalam androidnya dan semua potongan voucer akan masuk ke dalam rekening jukir,” jelasnya.

Lanjut Irianto menjelaskan, “Kemudian pada tipe kedua, yaitu seluruh ATM  dan Kartu Kredit bisa berlaku tinggal ditab melalui android. Selain itu kita juga akan sebar voucer parkir ke mini market agar memudahkan masyarakat memiliki voucer tersebut”.

Sejauh ini, Dirut PD Parkir masih dalam tahap survei di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Ujung Pandang, Panakukang dan Wajo karena di titik itulah parkir yang cukup padat.

“Kurang lebih ada 19 ruas jalan yang akan disurvei dan akan berakhir September ini kemudian rencananya akan dilakukan uji coba pada awal Oktober mendatang,” pungkasnya.

AND*

The post Irianto Ahmad: Parkir Online Salah Satu Ciri Kota Dunia appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda