EDfow.com – Prosesi penyerahan bantuan mesin perahu dan konverter kepada nelayan kecil di Kota Makassar yang diserahkan langsung oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) di Anjungan Pantai Losari Makassar, Jumat (29/9/2017).

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan bahwa bantuan ini diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo melaui Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral.

Diketahui, tahun ini sebanyak 16.981 konverter KIT yang dibagikan ke seluruh Indonesia, lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya berkisar 5.473 konverter.

“Tahun ini bantuan yang diberikan meningkat menjadi 3 kali lipat, terkhusus untuk Sulawesi Selatan berjumlah 2.375 konverter untuk Kota Makassar, Kabupaten Maros, Jeneponto dan Soppeng,” jelas Jonan.

Jonan menyebutkan bahwa bantuan tersebut bersumber dari para investor perusahaan-perusahaan besar swasta maupun BUMN. Misalnya, invertasi ke Pertamina dan anggarannya digunakan untuk bantuan langsung kepada rakyat dan diperjuangkan serta didukung oleh Komisi VII.

Diketahui, jumlah nelayan yang ada di Sulawesi Selatan sekitar 13.000 orang, Jonan mengimbau kepada Komisi VII untuk tetap medukung agar bantuan untuk Sulawesi Selatan di tahun 2018 bertambah lebih banyak.

“Mengapa menggunakan LPG? karena lebih aman, lebih hemat dan jarak melaut lebih jauh. Saya harap, bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan,” ungkap Jonan.

Setelah menyampaikan sambutan, Menteri ESDM menyerahkan secara simbolis mesin perahu dan konverter kepada salah satu perwakilan nelayan dan dilanjutkan dengan tester perahu mengelilingi Pantai Losari bersama Gubernur Sulsel, Wali Kota Makassar, dan para Bupati se-Sulsel.

AND*

The post Menteri ESDM Serahkan Bantuan Mesin Perahu dan Konvertor KIT untuk Nelayan Kota Makassar appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda