EDfow.com– Sekretaris Camat (Sekcam) Tamalate, Fahyuddin Yusuf didapuk menjadi narasumber Coffee Morning Humas Pemkot Makassar dengan tema “Mempertahankan Swasiba Kota Sehat” di Cafe Celebes, Jumat (29/09/2017).

Ditemui selepas kegiatan, Fahyuddin mengatakan pada penilaian kota sehat oleh Kementerian Kesehatan RI di Kota Makassar baru-baru ini, tim verifikasi menilai empat lokasi di Kecamatan Tamalate. Empat lokasi tersebut masing-masing untuk kategori penilaian berbeda.

Mantan Lurah Mattoangin itu mengatakan, tempat itu adalah Sekretariat Pokja untuk kota sehat di Kelurahan Maccini Sombala. Lalu Sekretariat Kecamatan Kota Sehat di Kantor Kecamatan Tamalate.

“Yang ketiga adalah wisata sehat di Pantai Akarena, yang terakhir IPAL di Tanjung Merdeka,” kata Fahyuddin kepada Liputan Utama di Kantor Kecamatan Tamalate.

Khusus Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), menurutnya adalah lokasi penilaian yang paling diapresiasi oleh tim penilai kala itu. Ia mengatakan IPAL tersebut telah efektif berjalan dengan swadaya oleh masyarakat setempat.

“IPAL tersebut menangani 400 KK, sekarang sudah berjalan dengan bagus. Pemeliharaanya juga bagus, kemudian ada kelompok yang merawat IPAL itu,” tuturnya.

Ia mengatakan IPAL itu dibangun ditahun 2010 dengan biaya dari dinas terkait. Setelah pembangunan maka pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat.

“Semua limbah dari masyarakat, yang biasanya sepanjang kanal Tanjung Merdeka baik limbah rumah tangga maupun lainnya dikelola di IPAL sebelum keluar ke daerah kanal. Jadi sudah steril sehingga tidak ada pencemaran,” tutupnya.

Pada dialog rutin Wali Kota Makassar itu, Fahyuddin yang mengisi acara bersama Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Makassar, Naisyah T. Azikin.

RSM*

The post Narasumber Coffee Morning Tema Kota Sehat, Sekcam Tamalate Paparkan IPAL Tanjung Merdeka appeared first on EDfow.com.

Bagikan:

Komentar Anda