EDfow.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan gelar G1000G atau yang dikenal dengan Gerakan 1000 Germas yang dilakukan serentak di 24 Kabupaten di Sulawesi Selatan dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan, Naisyah Tun Azikin, Senin (2/10/2017).

Tujuan diadakannya Germas atau Gerakan Masyarakat Sehat tersebut adalah upaya dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Naisyah mengatakan bahwa khusus untuk Kota Makassar, G1000G dilaksanakan di 103 titik yang dipusatkan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Minasa Upa, Kecamatan Rappocini.

Lanjut Naisyah mengatakan, terdapat sejumlah kegiatan utama dalam Germas, melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta memeriksa kesehatan secara rutin.

“Tujuannya untuk menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat yang bertujuan mengajak masyarakat untuk rutin berolahraga, mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah serta rutin memeriksakan kesehatan,” lanjutnya.

Aktifitas fisik atau olahraga dianjurkan selama 30 menit dalam 5 hari setiap minggunya. Demikian pula untuk konsumsi sayuran dan buah dianjurkan 5 porsi per hari.  Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan, pihak Dinkes menyarankan agar melakukannya secara rutin di Puskesmas terdekat.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan makan buah secara massal, sebagai upaya pemecahan rekor MURI. Pemeriksaan kesehatan seperti tensi, perekaman EKG, deteksi kelainan kulit, deteksi karies gigi, deteksi gangguan jiwa, tuberkulosis, kadar hemoglobin dan golongan darah.

AND*

The post Dinkes Gelar G1000G Serentak di 24 Kabupaten Sulsel appeared first on EDfow.com.

Powered by WPeMatico

Bagikan:

Komentar Anda