EDfow.com – Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Baso Amiruddin membuka dan memberikan sambutannya pada Workshop “Rumah Bersama CSR” Kemitraan CSR Untuk Air dan Sanitasi Kota Makassar bertempat di Hotel Aston Makassar, jln. Sultan Hasanuddin, Rabu (4/10/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Baso Amiruddin mengatakan bahwa Pemerintah Kota Makassar optimis dalam mewujudkan 100 persen sanitasi layak dan 100 akses air bersih sesuai capaian universal cipta karya 100-0-100 yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019.

“Yang paling utama adalah menumbuh kembangkan kesadaran dalam masyarakat bahwa pentingnya menggunaan sanitasi dalam pola kehidupan sehari hari yang tentunya memerlukan penyamaan persepsi dalam masyarakat ,” kata Baso Amiruddin.

Baso Amiruddin memaparkan hasil survei menyebutkan sebanyak 9.436 kepala keluarga masih memiliki pola kebiasaan buang air besar sembarangan.

“Seperti yang kita lihat di bantaran sungai daerah pinggiran kota Makassar, ini menandakan sekitar 1,5 persen dari keseluruhan populasi Kota Makassar masih melakukan kebiasaan tersebut”, ungkap Baso Amiruddin

Ia melanjutkan, 1,5 persen kebiasaan dalam masyarakat tersebut harus dituntaskan melalui budaya sanitasi yang sehat yang sangat memerlukan perhatian kita semua.

“Hal ini akan berpotensi mencemari air tanah yang digunakan untuk kebutuhan sanitasi sehari-hari termasuk untuk konsumsi. Sehingga dapat mengganggu kualitas kesehatan”, pungkasnya

Baso Amiruddin berharap selain Pemerintah, seluruh masyarakat juga dapat mendukung pembangunan sektor air minum dan pengelolaan air limbah domestik dikota Makassar.

 

AND*

Bagikan:

Komentar Anda