EDfow.com – Jayadi Nas, salah satu narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Muda (Mahasiswa/Pemuda) Angkatan II Tingkat Kota Makassar Tahun Anggaran 2017 menyampaikan bahwa pendidikan politik yang diselenggarakan Kesbangpol adalah bagian dari pada upaya untuk membuat pemilu semakin berkualitas dan semakin baik.

“Sehingga dengan demikian yang terpilih nanti insyaallah akan menjadi orang yang baik pula dan rakyat juga akan baik-baik, itu tergantung pada kaum muda, kaum muda ini luar biasa,” tegas Jayadi ketika ditemui usai membawakan materi kualitas pemilu dan pilkada melalui pemutakhiran data pemilih serta penerapan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, di Hotel Grand Populer, Kamis (5/10/2017).

Jayadi menambahkan tujuan kita berpemilu, untuk lahirnya seorang pemimpin yang memiliki tingkat legitimasi yang tinggi. Tingkat legitimasi yang tinggi itu di antaranya adalah partisipasi masyarakat.

“Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat terutama pemilih pemula kaum muda maka akan membuat pemerintahan semakin kuat,” tutur Dosen Ilmu Politik dan Pemerintahan Unhas ini.

Lebih lanjut lagi Jayadi menyampaikan pemuda jangan berpartisipasi tanpa pemahaman yang baik. “Jangan asal memilih siapa yang kasih kamu uang, siapa yang intimidasi kamu apa dan segalanya itu yang kamu pilih bukan itu, jangan karena uang Rp50 ribu Rp100 ribu, apa semua jangan karena itu,” tegas Jayadi.

Jayadi melanjutkan orang memilih melihat dari 4 hal yaitu visinya, misinya, programnya, dan masa lalunya. “Visinya jelas, misinya jelas, programnya jelas dan masa lalunya baik. Itu yang harus kita lihat. Kita tidak mau pemimpin yang punya masalah karena Indonesia sekarang ini kan lagi sakit berat tentunya diperlukan pemimpin yang baik.” tegas dosen berumur 45 tahun ini.

Jayadi pun berharap bahwa peserta sosialisasi mengikuti dengan baik, mengetahui materi yang ada tetapi yang terpenting adalah menyimak betul apa isi materi dan menyampaikannya kepada orang-orang di sekitarnya. “Itu yang paling penting,” tutupnya.

FAJ*

The post Jayadi Nas: Jangan Memilih Karena Uang, Tapi Lihat dari 4 Hal appeared first on EDfow.com.

Powered by WPeMatico

Bagikan:

Komentar Anda