EDfow.com- Pemerintah Kecamatan Mariso mengelar Workshop Pembinaan Kelompok Tani (Poktan) Badan Usaha Lorong (Bulo) melalui Fasilitas Klinik Bisnis Terpadu (KBT) Tingkat Kecamatan Mariso, di Kelurahan Bontorannu, Jumat (06/10/2017).

Peserta pelatihan adalah perwakilan masing-masing kelurahan di wilayah kecamatan Mariso dan pengelola Badan Usaha Lorong (Bulo) di tingkat kelurahan.

Sekertaris Camat (Sekcam) Mariso, Juliaman mengatakan kegiatan ini dengan tujuan untuk mengembangkan potensi petani lorong, sehingga dengan hadirnya program Badan Usaha Lorong dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Dengan kehadiran BULO dapat meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat, sebab Bulo adalah salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan ekonomi Makassar,” kata Juliaman kepada EDfow.com.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut digelar, dengan harapan jika program Bulo yang dicetuskan oleh Pemerintah Kota Makassar di bawah kepemimpinan Mohammad Ramdhan Pomanto berkembang.

Maka masyarakat dapat mengembangkan kegiatan menanam tumbuhan produktif, menjadi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang jika berhasil, nantinya dapat memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat.

Tentunya jika usaha Bulo ingin dikembangkan menjadi UMKM kata Juliaman, diperlukan pengetahuan tentang bagaimana cara mengembangkan usaha tersebut. Salah satu kunci kata dia adalah, bagaimana masyarakat mendapatkan dana untuk mengerahkan usaha itu nantinya.

“Melalui program ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usaha yang berbasis lorong,” kata Mantan Lurah Maccini itu.

Untuk diketahui, Kegiatan pembinaan Poktan dan UMKM hari ini merupakan rangkaian kegiatan, yang sebelumnya diselengarakan di Aula Kantor Kecamatan Mariso, kemarin, Kamis (05/10/2017).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber: Tim Ahli Klinik Bisnis Terpadu Bappeda Kota Makassar, Abdul Talib Mustafa, Ketua Pokja Bulo Kota Makassar, Sakka Pati, perwakilan Dinas Koperasi Kota Makassar, Muhammad Idris, dan Perwakilan BRI Unit Hartaco, Kartini Fidia.

 

RSM

Bagikan:

Komentar Anda