EDfow.com – dr. Hj. A. Naisyah T. Azikin M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar menjadi salah satu narasumber dalam dialog rutin walikota/coffee morning dengan tema “Mengawasi Peredaran PCC di Masyarakat”, Jum’at (6/10/2017), di Celebes Cafe, Jalan Arief Rate.

Naisyah mengungkapkan bahwa sampai saat ini belum ditemukan adanya apotek yang menjual pil PCC karena ternyata dari hasil temuan pihak yang berwajib pil PCC ini tidak diperjualbelikan melalui apotek tapi di luar dari apotek.

“Langsung ke masyarakat melalui bandar-bandar yang sudah ditunjuk,” ungkap Naisyah.

Naisyah menambahkan kota Makassar memiliki 690 apotek dan 80 tokoh obat, yang mendapatkan pemantauan dan pengawasan ketat pada apotek dan tokoh obat yang legal, “Yang terdaftar resmi di kami yang bermasalah yang tidak legal yang dijual di luar apotek,” tutur Kadis.

Naisyah lebih lanjut menyampaikan untuk mencegah maraknya pil PCC ini di apotek-apotek dan tokoh obat itu dilakukan pengawasan secara ketat seperti melihat dari administrasinya, obat daftar G yang tidak boleh diperjualbelikan hanya boleh memakai resep karena ada juga ditemukan masih melakukan penjualan daftar G karena masih ada obat daftar G yang ditemukan yang tidak bisa dibuktikan dengan resep.

“Nah, itu kan sama sekali juga tidak boleh walaupun bukan PCC tetapi daftar G termasuk obat-obat keras yang bisa disalahgunakan,”
tegas Kadis Naisyah.

 

FAJ

Bagikan:

Komentar Anda