EDfow.com – De Oranje (Tim nasional Belanda) terancam gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Berita buruk ini didapatkan tak lepas dari hasil yang diraih para pesaing mereka.

Dilansir dari Kompas Minggu (8/10/2017), ternyata harapan Belanda untuk menginjakkan kakinya ke Rusia 2018 sebenarnya masih terbuka. Kesempatan itu muncul setelah Belanda menang 3-1 di kandang Belarus, Sabtu (7/10/2017).

Arjen Robben dan kolega unggul lebih dulu melalui gol sepekan Voli Davy Proepper di menit ke 24. Belarus menyamakan kedudukan melalui tembakan mendatar Maksim Volodko (55′).

Belanda pun kembali unggul melalui tendangan penalti Arjen Robben (84′) dan aksi mantan pemain Manchester United, Memphis Depay (90+3′).

Kemenangan 3-1 memperpanjang nafas negeri kincir angin mengincar tiket tersisa lewat babak play-off walau sulit, bahkan bisa dibilang nyaris perlu campur tangan keajaiban.
De Oranje tetap di peringkat ketiga dengan 16 poin. Mereka berada di belakang Prancis (20 angka) dan Swedia (19).

Karena hanya menyisakan satu laga, Belanda harus mengatasi defisit selisih gol yang jauh dari Swedia.

Saat ini Belanda hanya punya surplus 7 gol, sedangkan Swedia 19 gol. Keunggulan Sebastian Larsson dkk itu tak lepas dari hasil meyakinkan, beberapa jam sebelumnya kala menjamu Luksemburg, Swedia ini menang telak 8-0!

Kedua tim akan berhadapan pada partai penutup di Amsterdam, Selasa (10/10/2017). Artinya, tim asuhan Dick Advocaat ini mesti menang minimal 7-0 agar finish runner-up dan mengintip peluang lolos ke play-off!

Dari Grup A, belum satu pun dipastikan lolos. Namun, kans terbesar dimiliki Perancis yang pada laga pamungkas “hanya” akan menjamu Belarus.

 

FAJ*

Bagikan:

Komentar Anda