EDfow.com – Peran sentral pemerintah hingga satuan yang paling dekat dengan warga, seperti Rukun Warga(RW) dan Rukun Tetangga (RT) sangat dibutuhkan, guna menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan maksimal.

Di  Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, yang diketahui terbagi atas 13 RW dan 69 RT, pihak satuan pemerintah terkecil di kelurahan itu berinisiatif untuk membentuk sebuah wadah yang mempertemukan mereka, untuk menjalin silaturahmi serta bertukar pendapat. Wadah itu diberi nama Kerukunan RT/RW se-Kelurahan Barombong.

Arwin Saleh, Koordinator Paguyuban tersebut mengatakan para ketua RT/RW berinisiatif membentuk wadah itu guna memaksimalkan kinerja mereka. Serta menjadi wadah untuk bertukar pendapat dan pengalaman di wilayah masing-masing.

“Kerukunan ini kami bentuk untuk mengawal program-program Pemerintah Kota Makassar di wilayah Kelurahan Barombong. Kita juga sering bertukar pendapat terkait 9 indikator penilaian kinerja RT/RW,” kata Arwin Saleh yang juga bertugas di Polsek Rappocini Makassar, Senin (09/10/2017).

Kehadiran wadah Kerukunan RT/RW se-Kelurahan Barombong ini semakin terlihat dengan diselenggarakannya Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tema “Spirit Ukhuwah Persaudaraan Mewujudkan Kerja Nyata Kerukunan” yang digelar di Malino, Kabupaten Gowa baru-baru ini.

Penyandang Gelar Magister Hukum ini menceritakan awal terbentuknya forum tersebut, lantaran seringnya mereka bertemu dalam sebuah event yang digelar oleh pemerintah kelurahan.

“Seperti kalau pembagian insentif, Pak Lurah kumpulkan kami semua, lalu ada evaluasi kinerja baru pembagian insentif, nah dari sering ngumpul itulah kami kemudian berinisiatif bentuk wadah ini,” tuturnya.

Sementara itu, Lurah Barombong Reskianto mengatakan amat terbantu dengan hadirnya wadah berkumpul RT/RW di wilayahnya lantaran kerukunan terus berperan sebagai mitra pemerintah kelurahaan.

“Banyak kegiatan-kegiatanya kemarin-kemarin, Alhamdulillah mereka selalu dampingi pemerintah kelurahan setiap ada kegiatan,” tutur mantan Lurah Camba Berua itu.

Lulusan STPD tahun 2015 ini mengatakan, sangat bersyukur ditempatkan di Kelurahan Barombong lantaran sinergitas semua pihak dengan pihak pemerintah kelurahan begitu bagus.

“Pokoknya baguski, RT/RW di Kelurahan Barombong begitu progresif. Bayangkan mereka kerja bakti mereka sendiri yang monitor, jadi kami tinggal back up, hal itu sangat membantu kinerja pemerintah kelurahan” tutupnya.

RSM*

The post Kelurahan Barombong, Dari Sering Ngumpul Hingga Terbentuk Forum Kerukunan RT/RW appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda