EDfow.com – Sejumlah pemuda dari berbagai kalangan yang tergabung dalam komunitas Pecandu Aksara Makassar menggelar Writing Camp 4 selama 2 hari di Taman Pra Sejarah Leang-Leang, Kabupaten Maros dari Sabtu-Minggu (7-8/10/2017).

Kegiatan tersebut mengusung tema “2 Hari 1 Malam Menjadi Penulis” dan diikuti oleh sekitar 50-an orang, gabungan antara calaon dan anggota Pecandu Aksara, serta menghadirkan beberapa narasumber di antaranya, Fachri Djaman (Inisiator Pecandu Aksara), Widodo Wijaya Kusuma (Jurnalis), Ratu Bulkis Ramli (Penulis), Ma’Arif (Kolumnis, Blogger), Nur Rahmat Hidayat (Pengajar BIPA), dan Nur Rahma (Penulis).

Beberapa materi literasi dan jurnalistik disajikan dalam kegiatan tersebut di antaranya, militansi literasi, cerpen, opini, puisi, etika kepenulisan, dan citizen journalism.

Charis Munandar, selaku panitia kegiatan yang juga anggota Pecandu Aksara mengungkapkan, Writing Camp merupakan salah satu kegiatan besar Pecandu Aksara yang diadakan tiap 3 bulan sekali sebagai sarana pembelajaran literasi dan rekrutment anggota baru Pecandu Aksara.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kami berharap para peserta memperoleh wawasan dan pengetahuan dari berbagai macam jenis kepenulisan. Melalui kegiatan ini pula, kami berharap akan lahir penulis-penulis handal yang dapat mengharumkan nama Sulsel di kancah sastra Indonesia,” lanjut Charis.

Setelah Writing Camp, rencananya Pecandu Aksara akan menggelar kompetisi menulis se-Sulsel, ‘Celebes Writing Battle’ pada November mendatang.

 

Sumber: Fahri

Bagikan:

Komentar Anda