EDfow.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama dengan pihak kepolisian, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Ikatan Apoteker Indnesia (IAI) melakukan sidak atau inspeksi mendadak ke beberapa apotek di Makassar, Selasa (10/10/2017).

Pada sidak tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, Naisyah Tun Azikin geram setelah mendapati beberapa apotek yang menyalahi aturan.

Bagaimana tidak, Ia menemukan penjualan obat-obatan tanpa resep dan mendapati obat kadaluwarsa yang masih diperjualbelikan.

“Itu kan sangat berbahaya apalagi tenaga yang digunakan ternyata bukan berlatar belakang apoteker, hanya asisten, itu pun sampai sekarang belum bisa memperlihatkan izin kerjanya,” kata Naisyah.

Lanjutnya, apotek-apotek ini memang sudah diberikan tiga kali teguran keras dan hari ini kita mengadakan pengecekan kembali ternyata masih banyak pelanggaran.

“Kami bersama BPOM akan membuat rekomendasi kepada PTSP untuk penutupan apotek ini,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu staf izin klinik dan apotek PTSP, Laode Sulaiman mengaku tinggal menunggu surat rekomendasi penutupan dari Dinkes serta BPOM.

“Untuk sementara kita cabut dulu izinnya, selanjutnya bila surat rekomendasi sudah ada, kita langsung tutup,” jelasnya.

Diketahui, hari ini ada 4 apotek yang mendapat sidak, dua di antaranya apotek Ivan Farma yang rencananya akan ditutup dan Apotek Fatillah Farma yang mendapat teguran keras.

AND*

The post Lakukan Sidak, Naisyah Geram Dapati Beberapa Apotek Nakal appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda