EDfow.com – Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar menggelar workshop penatausahaan keuangan bagi bendahara sekolah di Same Hotel, Selasa (10/10/2017).

Kepala Bidang Akuntansi BPKAD, Fuad Arfandi mengatakan tujuan diadakan kegiatan tersebut guna memberikan edukasi atau pelatihan berkaitan dengan penyusunan pertanggungjawaban dana BOS secara langsung melalui sistem informasi online untuk keuangan daerah.

“Fokus pelatihan kali ini khusus untuk bendahara dana BOS pada satuan pendidikan negeri yang memang berada pada naungan Pemerintah Kota Makassar dan mulai hari ini mereka sudah menginput secara online,” jelasnya.

Lanjutnya, tahun ini ada inovasi baru yang dilakukan oleh BPKAD, yakni mengintegrasikan laporan dana non Rekening Khas Uang Daerah (RKUD).

“Artinya, uangnya itu tidak masuk di khas daerah tapi langsung masuk ke masing-masing unit, contoh dana BOS yang dari provinsi langsung ke sekolah jadi sudah tidak masuk ke pemerintah kota terlebih dahulu tapi anggarannya tetap tercover di APBD,” terang Fuad.

Olehnya itu, Pemerintah kota Makassar melakukan pelatihan untuk menginput langsung melalui sistem informasi keuangan daerah.

“Selama ini sekolah melakukan penginputan dengan cara manual, seiring dengan visi misi wali kota dalam mencanangkan Smart City, maka sudah melalui sistem penginputan data secara online,” pungkasnya.

Diketahui, berkisar 407 sekolah negeri yang mendapat dana BOS se-Kota Makassar, dan hari ini ada 100 peserta atau bendahara Sekolah Dasar yang ikut pelatihan, sedangkan besok peserta dari Sekolah Menengah Pertama berjumlah 44 orang.

AND*

The post Mulai Hari Ini, Penginputan Dana BOS Melalui Online Oleh 407 Sekolah Se-Makassar appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda