EDfow.com – Usai melakukan sidak atau inspeksi mendadak kepada beberapa apotek nakal yang menyalahi aturan bersama Kepala Dinas Kesehatan Naisyah Tun Azikin, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Makassar, Salman soroti Apoteker.

Salman mengatakan, lahirnya apotek nakal berasal dari lepasnya pengawasan apoteker yang kurang memperhatikan, artinya kesalahan tersebut diakibatkan oleh Apoteker.

Menurut Salman, yang berwenang memberikan obat dan menentukan dosis itu adalah apoteker bukan owner ataupun karyawan apotek.

“Sedangkan yang kita dapati sekarang, siapa pun yang menjaga apotek bisa membuat resep sendiri dan memperjualbelikan obat yang tidak boleh diperjualbelikan,” kata Salman usai sidak apotek di Jl. Veteran Utara, Selasa (10/10/2017).

Ia mengatakan bahwa ini sudah menyalahi aturan, “Bahkan asisten apotek pun tidak berhak kecuali dapat resep dari dokter dan apoteker, di luar itu yang bukan latar belakang farmasi, tidak diperbolehkan,” tegas Salman.

Lebih lanjut, Salman menjelaskan, ada obat yang boleh diperjualbelikan seperti yang memiliki lambang bundaran hijau, sedangkan yang bundaran berwarna biru statusnya bebas tapi dijual terbatas.

“Saya rasa kita memang perlu menyosialisasikan kepada masyarakat agar mengerti saat mendapat layanan di apotek, harus kritis dan menolak bila bukan apoteker yang layani,” ungkapnya.

Ia berharap ada aturan untuk apoteker agar lebih rajin ke apotek karena selain dia yang memberikan resep dan obat, sekaligus dia juga berfungsi mengawasi.

Salman mengatakan, ini terjadi karena apoteker PNS bertugas terlebih dahulu di rumah sakit dan mereka kembali ke apotek saat sore bahkan malam hari.

“Kita tetap masih terus melakukan pendataan ke setiap apotek, mudah-mudahan kedepan kita bisa memotivasi para apoteker untuk selalu hadir di apoteknya,” pungkasnya.

AND*

The post Temukan Apotek Nakal, Ketua IAI: Ini Kesalahan Apoteker appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda