EDfow.com – Sebelum mendapatkan pelatihan kesehatan mata anak berbasis puskesmas dari Helen Keller International, Ibu Hasrianti tidak pernah sadar kalau anaknya, Faizah Nur Ilmi, yang sedang duduk di kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo, mengalami Miopia atau rabun jauh.

Setelah mengikuti pelatihan kesehatan mata anak berbasis puskesmas yang diselenggarakan oleh Helen Keller International pada Juli 2017 lalu, dia mendapatkan pengetahuan baru dan telah mengetahui cara skrining tajam penglihatan dengan menggunakan snallen 4 baris dengan jarak ukur 6 meter.

Suatu ketika, dia memperhatikan anaknya yang sedang belajar dengan menyalin tulisan teman sekelasnya yang telah dia foto kemudian diprintnya. Saat itu, beliau bertanya kepada anaknya. “Apa yang sedang kau lakukan nak? Kenapa ada catatan seperti itu? Apakah kau tidak melihat?” tanya Hasrianti.

“Saya tidak bisa lihat tulisan di papan tulis, bu. Jadi saya foto punya teman kemudian print dan salin kembali,” jawab Faizah.

Akhirnya, berbekal pengetahuan cara skrining saat ikut pelatihan, beliau kemudian lakukan skrining kepada anaknya. Dan alangkah terkejutnya, karena ternyata hasil visusnya yaitu 6/60 atau hanya bisa baca pada baris pertama dan matanya dipicingkan saat melihat. Artinya, huruf E yang semestinya bisa dibaca orang normal dengan jarak 60 meter, sementara anaknya hanya bisa baca pada jarak 6 meter.

Setelah itu, Hasrianti, Bidan Koordinator Puskesmas Wara Selatan itu mengantar anaknya konsultasi ke dokter specialist mata, lalu dilakukan pengukuran kacamata. Hasilnya ternyata mata kanan sudah minus 3 dan kiri minus 2,5.

“Selama ini, saya bertanya-tanya, kenapa sejak anakku masuk tsanawiyah, prestasi akademiknya menurun dan bahkan saya pernah dipanggil sama wali kelasnya. Apakah semua itu karena anakku mengalami Miopia?” tanyanya penasaran.

Alhamdulillah, sekarang sudah masuk bulan ketiga anaknya gunakan kacamata dan sudah tidak ada lagi kendala yang dia hadapi dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas.

 

Sumber: Sulaiman Soele

Bagikan:

Komentar Anda