EDfow.com – Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar mempermasalahkan penyertaan modal di sejumlah Perusahaan Daerah (Perusda) yang menurun saat Rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terhadap APBD Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2017.

Salah satunya anggota Banggar, Hasanuddin Leo menuturkan bukan hal yang wajar mengingat hutang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dianggap lunas sebesar Rp235 miliar.

Sehingga menurutnya, PDAM mampu memberikan pajak lebih. Dimana pada APBD Pokok TA 2017 target PDAM Rp20 miliar, sementara di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan TA 2017 ditargetkan Rp35 miliar lebih.

“Saya ingin target di PDAM ini dicukupkan sebesar Rp20 miliar. Karena jika targetnya hanya mampu menyetorkan pajak dalam sebulan sebesar Rp3 miliar. Hal ini bukan hal yang wajar,” ungkapnya di Ruangan Banggar DPRD Kota Makassar, Rabu (11/10/2017).

Kritikan juga disampaikan Anggota Banggar yang juga merupakan Legislator Partai Golkar Rahman Pina, yang juga mempertanyakan penurunan penyertaan modal pada Perusahaan Daerah (PD) Makassar Raya yang sebelumnya menargetkan Penghasilan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1 miliar. Namun pada APBDP TA 2017 hanya menargetkan sebesar Rp500 juta.

Begitu juga dengan PD Parkir pada APBD Pokok TA 2017 menargetkan PAD Rp1,5 miliar. Namun di APBD Perubahan TA 2017 menargetkan hanya Rp1,3 miliar.

“Masa PD Pasar hanya mampu tembus Rp500 juta. Kenapa penurunannya drastis sekali. Apa sudah tidak ada masyarakat yang mau ke pasar belanja, atau banyak kios di pasar yang sudah dijual,” jelasnya.

“Sama halnya dengan PD Parkir yang kita anggap tidak masuk akal jika hanya bisa tembus dalam angka seperti ini (Rp1,3 miliar) dalam setahun,” tambahnya.

Selain itu, ia juga mempertanyakan peran Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang dianggap tidak pernah memberikan kontribusi terhadap PAD Kota Makassar. Bahkan hanya mengajukan Rp121 juta sumbangan ke PAD.

AIN

The post Dewan Pertanyakan Penurunan Penyertaan Modal dan Peran Perusda Terhadap PAD Kota Makassar appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda