EDfow.com – Pemerintah Kota Makassar di bawah kepemimpinan Moh. Ramdhan Pomanto, dinilai memulai program pembangunan dari lorong-lorong, hal itu juga selaras dengan Tag line “Anak Lorongna Makassar” semasa kampanye dulu.

Banyak program pemerintah semasa Danny panggilan karibnya, yang di titik beratkan pada lorong, seperti Badan Usaha Lorong (BULo), Lorong Garden (Longgar), Singarana Lorongta. Penerapan program itu pun semakin intensif digalakkan di pemerintah kelurahan jajaran Pemkot Makassar, Kelurahan Labuang Baji, Kecamatan Mamajang salah satunya.

Kelurahan yang dipimpin oleh Sofyan H.MR itu telah mengembangkan program lorong itu. BULo yang terletak di Jalan Macan yang telah dua kali panen misalnya. Di kebun itu tampak ditanami ratusan pohon cabai, lombok, tomat, pepaya dan tanaman obat.

“Kita mulai lagi pembibitan dan Insyaallah kita akan panen untuk ketiga kalinya. Kita juga akan terus perbanyak BULo di lorong, seperti di Jalan Macan 3, tapi kita lihat dulu perkembangan penanaman cabai melalui median polybag dengan penanaman langsung di tanah,” kata Sofyan selepas panen cabai kebun BULo Jalan Macan, Rabu (11/10/2017).

Untuk program Lorong Garden (Longgar) kelurahan memiliki beberapa unit lorong yang sedang dikembangkan, sebagai contoh Sofyan menunjukkan dua Longgar yang perkembangannya bagus, yakni di Jalan Landak Lorong 1 dan Jalan Macan Lorong 3.

Longgar Jalan Landak diketahui merupakan akses menuju Kantor Kelurahan Labuang Baji. Pada dinding lorong itu telah dibenahi dengan cat warna-warni, dan berbagai tulisan menarik seperti “Mari berpartisipasi mensukseskan “Ketawa” Ketemu Sampah Wajib Ambil.

Pada pinggir jalan lorong itu juga telah dilakukan pembenahan dengan menamai kembang dan berbagai jenis tanaman. “Ada juga dua macam lombok yang besar dan keci,l selingan daripada bunga di taman itu,” ujarnya.

Untuk Longgar Jalan Maccini Lorong 3 kata Sofyan, pihaknya akan memproyeksikan lorong cabai. Untuk sementara kata dia, pihaknya tengah menjajaki penanaman lombok yang ditanam menggunakan Polybag. “Tahun lalu lorong ini jadi juara lorong,” ungkapnya.

Sofyan mengatakan, pihaknya gencar menyukseskan beberapa yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Makassar lantaran manfaat yang akan didapatkan oleh warga.

“Saya juga berterima kasih kepada warga yang aktif berpartisipasi. Jadi dalam pikiran kami pokoknya bekerja dulu. Manfaat program ini dapat meningkatkan pendapatan warga dan memperindah lingkungan,” tutup Sofyan.

RSM*

The post Intip Progres Program Lorong Labuang Baji appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda