EDfow.com – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengungkapkan Pemerintah Kota Makassar memiliki kemajuan terhadap perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2017, usai menjawab pandangan umum fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Makassar, Selasa (10/10/2017).

Pria berkacamata ini merasa, setiap fraksi memberikan pandangan umum yang cukup tajam, dimana selalu mengedepankan apresiasi masyarakat dan penilaiannya pada saat melakukan reses.

Selain reses, aspirasi masyarakat juga kemudian dapat didengarkan pada saat musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota.

“Saya pikir kita punya progres kemajuan di dalam membedah APBD Perubahan. Pandangan fraksi sangat tajam mengkombinasikan aspirasi masyarakat terhadap musrenbang, kemudian diproses menjadi planning (perencanaan program kerja), budgetting (pengangguran), kemudian sesua dengan reses maka itulah tadi yang kita jawab,” jelasnya.

Namun, dalam APBD Perubahan TA 2017 ini banyak perubahan yang terjadi. Dikarenakan adanya peraturan baru seperti Sekolah Lanjutan Tingkat Menengah Atas (SLTA) yang saat ini diambil alih oleh Pemerintah Provinsi.

Selain itu, adanya Peraturan Presiden (PP) Nomor 18 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dimana anggota DPRD diberikan beberapa jenis tunjangan seperti tunjangan transportasi dan tunjangan tempat tinggal.

“Ada pergeseran-pergeseran struktur anggaran karena keluarnya SMA, kemudian munculnya PP 18 sehingga kita menyesuaikan dengan peraturan baru seperti itu,” pungkasnya.

AIN*

The post PP 18 Jadi Salah Satu Alasan Adanya Perubahan Pada APBD Perubahan TA 2017 appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda