EDfow.com – Lurah Parang, Kecamatan Mamajang, Sophian mengakui partipasi warganya dalam program Bank Sampah masih minim. Sehingga pihaknya terus menggenjot keterlibatan warga dalam program pemilahan sampah tersebut.

Sophian menuturkan, untuk meningkatkan partisipasi warga, terlebih dahulu ia mencoba meningkatkan keterlibatan Ketua RT/RW masing-masing, yang nantinya akan memberi contoh kepada warga tentang manfaat program Bank Sampah.

“Kita genjot RT/RW untuk menjadi nasabah, sebagai contoh RT/RW akan jadi promotor bergeraknya warga menjadi nasabah. Dengan begitu warganya nanti dengan sendirinya akan terlibat,” kata Sophian kepada EDfow.com, Selasa (10/10/2017).

Selain itu kata Sophian, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi Bank Sampah pada setiap kegiatan-kegiatan kelurahan. Pada kesempatan tersebut tuturnya, pihaknya selalu mempromosikan manfaat dari program Bank Sampah.

“Bahwa pentingnya Bank Sampah diberdayakan untuk kepentingan warga itu sendiri, secara financial dan secara tidak langsung membantu perekonomian di wilayah mereka masing-masing,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia selalu mengimbau warganya untuk menerapkan program itu, sebab dengan aktifitas pemungutan dan pemilahan sampah, juga akan berefek pada kebersihan lingkungan karena terbebas dari sampah.

“Selain sampah yang berada di lorong sudah bersih, juga sangat membantu sekali perekonomian bagi warga sekitar, karena sampah itu sudah dipilah-pilah, yang mana sampah organik (plastik), kertas dan non organik semua itu sangatlah bermanfaat,” pungkasnya.

RSM*

BSU Bersama, Jalan Ratulangi Lorong 07 Kelurahan Parang, Kecamatan Mamajang.

The post Strategi Lurah Parang Aktifkan Partisipasi Warga di Bank Sampah appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda